Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ini Dia Desain Tiga Bandara Baru di Pulau Jawa Hasil Sayembara Kemenhub

Hasil karya para pemenang sayembara tersebut dipamerkan di terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang

Ini Dia Desain Tiga Bandara Baru di Pulau Jawa Hasil Sayembara Kemenhub
TRIBUNNEWS/RIA ANASTASIA
Menhub Budi Karya Sumadi melihat dari dekat desain 3 bandara baru hasil sayembara Kemenhub di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (12/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Kementerian Perhubungan menggelar sayembara desain tiga bandara yang dibuka untuk peserta dari kalangan arsitekt dalam negeri.

Ketiga bandara yang akan dibangun adalah Bandara Ngloram di Cepu, Jawa Tengah, Bandara Dewadaru di Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah, dan Bandara Sukabumi di Jawa Barat.

Hasil karya para pemenang sayembara tersebut dipamerkan di terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (12/9/2019).

"Saya ingin sampaikan bahwa bandara-bandara ini sudah didesain oleh arsitek Indonesia. Karenanya saya apresiasi apa yang dilakukan oleh IAI (ikatan arsitek Indonesia) dan selamat kepada para pemenang. Kita bangga arsitek Indonesia sudah bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain di Bandara Soetta, maket dari ketiga bandara itu juga akan ditampilkan di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Bandara Kualanamu, Medan dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Baca: Begini Jawaban Toyota tentang Peluang Merakit Lagi Mobil Sedan di Indonesia

Menurutnya, sayembara desain ini bisa merangsang kreativitas hingga menghasilkan karya-karya terbaik dari anak bangsa. Selain itu, sebagai proses pembelajaran bagi arsitektur lainnya.

Baca: Ikuti Jejak Garuda, Lion Air Juga Larang Penumpang Bawa Macbook Pro 15 Inch

"Ke depan kita banyak sekali kesempatan untuk membangun, apakah nanti ibukota negara, proyek komersial lain ini proses kita menempa arsitek kita yang sudah miliki kemampuan dan merangsang kreativitas arsitek lain. Setelah itu beri pelajaran bagi arsitek yang junior maupun yang masih di bangku SMA," tutur Budi.

Baca: Honeywell Kenalkan Detektor Asap Cerdas Generasi Terbaru, Notifier 951 Series

Budi menjelaskan, hasil karya para arsitektur Indonesia ini akan dijadikan acuan dalam pembangunan bandara yang dikelola Kemenhub. Nantinya, ketiga bandara itu diharapkan bisa menampung hingga 500 ribu penumpang.

"Ngloram lagi land clearing, runway sudah ada, terminal lagi dibangun. Karimunjawa sudah eksis, tinggal kita bangun, bongkar yang lama dan bangun. Sukabumi lagi proses pembebasan tanah," jelas mantan Direktur AP II itu.

Budi menyebutkan, Bandara Ngloram ditargetkan rampung pada akhir 2020, Bandara Dewadaru pada 2021 dan Bandara Sukabumi di 2022.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas