Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Menhub Targetkan LRT Jabodebek Beroperasi Penuh November 2021

Budi Karya mengatakan, uji coba operasional lintas Cibubur-Cawang baru akan dilakukan pada Oktober tahun ini.

Menhub Targetkan LRT Jabodebek Beroperasi Penuh November 2021
Wartakota/henry lopulalan
SPIDER MAN DI LRT- Para Spider-Man yang tergabung dalam komunitas Spider Verse Indonesia berada diangkutan cepat dengan Kereta Api Ringan (LRT) Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu(21/7/2019). Pencinta tokoh Superhero Spider Man selain menghibur penguna LRT Rawamangun-Kelapa Gading, mereka juga mengalang dana untuk penderita hydrocephalus. (Wartakota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan kereta Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) bisa beroperasi secara komersial pada akhir 2021.

Budi Karya mengatakan, uji coba operasional lintas Cibubur-Cawang baru akan dilakukan pada Oktober tahun ini.

Menurutnya, proses uji coba sarana kereta LRT hingga bisa sepenuhnya beroperasi memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Jadi uji coba kan prosesnya cukup waktu lama. Kita sendiri akan lakukan commercial operation pada November 2021," kata Budi Karya di kantor BKPM, Jakarta, Senin (7/10/2019).

"Sekarang kita lakukan satu ujicoba sesi Cibubur-Cawang. Pengalaman kita di (LRT) Palembang dan MRT, proses uji coba ini lama, makanya mulai kita lakukan akhir bulan ini. Akan dilakukan operasional di akhir 2021," lanjutnya.

Meski begitu, Budi memastikan sarana kereta LRT dari PT INKA akan datang dalam waktu dekat ini. Namun, dia tak menyebutkan kapan sarana kereta tersebut akan datang.

"Saya tidak tahu. Mustinya dekat-dekat ini akan datang," ucap dia.

Sebagai informasi, Pembangunan LRT Jabodebek terbagi dalam dua fase, yakni Fase I itu terdiri dari lintas Cawang-Cibubur, Lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Lintas Cawang-Bekasi Timur. Saat ini progresnya sudah mencapai 65 persen.

Selanjutnya Fase II terdiri dari lintas Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, dan Palmerah-Grogol.

Terganjal Urusan Tanah

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas