Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Hemat Miliaran Dolar AS, Menko Airlangga Siapkan Kilang Pertamina Jadi B100

Airlangga menjelaskan, langkah tersebut dilakukan guna memperbaiki posisi defisit neraca perdagangan di sektor minyak dan gas (migas).

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in Hemat Miliaran Dolar AS, Menko Airlangga Siapkan Kilang Pertamina Jadi B100
TRIBUNNEWS.COM/Yanuar Riezqi Yovanda
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, sedang menyiapkan program terhadap kilang minyak PT Pertamina untuk menghasilkan Biodiesel 100 persen atau B100.

Airlangga menjelaskan, langkah tersebut dilakukan guna memperbaiki posisi defisit neraca perdagangan di sektor minyak dan gas (migas).

"Tekanan neraca dagang dari situ (kebijakan B100) saja bisa diselesaikan dan Pertamina punya salah satu kilang minyak supaya dibenahi jadi B100," ujarnya dalam acara Indonesia Banking Expo 2019.

Baca: Menko Airlangga Jawab Kecurigaan Asing Terkait Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Baca: Peluang Airlangga Hartato di Munas Golkar Diprediksi Tambah Menguat

Sementara saat ini, pemerintah baru mendorong penggunaan B30 tahun depan dengan penghematan mulai dari 6 miliar dolar AS hingga 18 miliar dolar AS untuk B100.

"Mulai B30 sampai B100 itu peta jalannya kita siapkan. Kalau sampai B100 hemat 18 miliar dolar AS, kalau B30 sekitar 6 miliar dolar AS," kata Airlangga.

Adapun program biodiesel yang menelan investasi besar tersebut harus dilakukan melalui skema perizinan yang ramah dan terorganisir.

BERITA TERKAIT

"Untuk supaya beroperasi ada beberapa perizinan, ini yang kita sinkronisasi. Indeks kemudahan bisnis kita juga mendatar di peringkat 73, harus kita tekan kebawah," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas