Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Berdayakan Peternakan Rakyat, Program Kerjasama di Bidang Peternakan Diluncurkan

Tujuan dari konsorsium ini untuk mendidik peternak rakyat menjadi kelompok peternak yang professional, dan untuk mewujudkan kemitraan dalam rantai pro

Berdayakan Peternakan Rakyat, Program Kerjasama di Bidang Peternakan Diluncurkan
HandOut/Istimewa
(Ki - ka) Inovator Sekolah Peternakan Rakyat (SPR)- Prof. Muladno, Kepala LPPM IPB- Dr. Ir, Aji Hermawan M.Sc, Infrabanx Agency Indonesia - Miranda, Direktur PT. Surya Agro Pratama– Bernadi Rahaju, Bupati Blora– Djoko Nugroho, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora - Drh. R. Gundala Wejasena. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan agrobisnis yang memiliki peternakan sapi dan memproduksi susu segar, PT Surya Agropratama (PT SAP) akan membentuk “konsorsium” yang terdiri dari pemerintah, pendidikan, pelaku bisnis, dan investor guna mendukung peternakan rakyat.

Langkah ini sebagai komitmen untuk turut mensejahterakan peternakan rakyat.

“Tujuan dari konsorsium ini untuk mendidik peternak rakyat menjadi kelompok peternak yang professional, dan untuk mewujudkan kemitraan dalam rantai produksi yang teratur sehingga secara keseluruhan rantai produksi sapi potong menjadi sustainable,” ungkap Bernardi Rahaju, Direktur PT Surya Agropratama menjelaskan dalam peluncuran Program Kerjasama di Bidang Peternakan Dengan Memberdayakan Peternakan Rakyat di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Bernardi berharap dengan terbentuknya konsorsium ini dapat meningkatkan kesejahteraan peternak, menstabilkan produksi sapi potong dan produksi daging untuk menjawab kebutuhan pangan masyarakat, khususnya daging sapi.

Usaha peternakan di Indonesia sampai saat ini masih didominasi oleh peternak bersekala kecil, dari data yang ada mencapai 98% sehingga dominasi peternak kecil ini sangat kuat.

Secara nasional, jumlah peternakan kecil ini berjumlah sekitar 4,2 juta orang. Hal ini membuatnya menjadi tulang punggung bangsa Indonesia dalam penyediaan bahan pangan asal ternak.

"Oleh karena itu yang perlu dilakukan adalah mengembangkan peternakan di Indonesia dengan memberdayakan peternak kecil agar lebih kuat lagi. Salah satunya adalah dengan peluncuran Program Kerjasama di Bidang Peternakan Dengan Memberdayakan Peternakan Rakyat ini,".

"Kami juga bermaksud ikut berkontribusi dalam pembangunan ketahanan pangan khususnya daging sapi dan susu yang saat ini masih ada gap antara kebutuhan dan jumlah yang tersedia secara mandiri,” ungkap Bernadi.

Pada acara peluncuran Program Kerjasama di Bidang Peternakan Dengan Memberdayakan Peternakan Rakyat turut hadir Darren S Dimoelyo, Direktur Utama PT Surya Jaya Abadi Perkasa (PT SJAP) sebagai Agriculture Sector Sponsor, Dr. Ir. Aji Hermawan, M.Sc, Kepala LPPM IPB, Prof. Dr. Muladno, MSA, Guru Besar Fakultas Peternakan IPB University yang juga sebagai Penggagas Konsep Sekolah Peternakan Rakyat serta, Sebastian S. Subba dari Master Agent Infrabanx INHC 103. 

Penandatangan kemitraan kali ini diwujudkan melalui penandatangan beberapa kerja sama.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas