Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Berhitung Penghematan Tinggal di Kawasan TOD

Banyak kemudahan, efisiensi dan penghematan dengan memanfaatkan gaya hidup urban dengan menggunakan transportasi umum LRT.

Berhitung Penghematan Tinggal di Kawasan TOD
HandOut/Ist
ILUSTRASI Gambar maket hunian berkonsep transit oriented development (TOD) yang terintegrasi dengan sarana transportasi publik. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hunian terintegasi sarana transportasi publik atau transit oriented development (TOD) tengah dikembangkan PT Adhi Commuter Properti (ACP) dengan brand LRT City.

LRT atau Light Rail Transit merupakan proyek transportasi masal modern baru yang dikembangkan oleh induk ACP yaitu perusahaan BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Sejak Agustus 2019 telah dilakukan dynamic test untuk rute LRT Bekasi Timur-Cawang dengan menggunakan tiga gerbong kereta. Dynamic test merupakan uji pembebanan pada bantalan kereta yang terus dilakukan untuk menjamin jalurnya kuat dan lancar dengan pembebanankereta.

Di Bekasi Timur sendiri terdapat proyek Green Avenue, bagian dari LRT City dengan luas area 1,9 Ha.

Menurut Direktur Pemasaran dan Pengelolaan Properti ACP Hanif Setyo Nugroho, ada banyak efisiensi waktu dan biaya bila konsep hunian TOD ini mulai beroperasi dan LRT City Bekasi akan menjadi proyek LRT City pertama yang akan beroperasi.

“Targetnya LRT ini akan beroperasi pada akhir tahun depan bersamaan dengan operasionalnya fasilitas komersial di area ini berupa mal. Untuk apartemennya sendiri akan mulai diserahterimakan awal tahun 2022, jadi konsumen bisa langsung menikmati fasilitas LRT saat berhunian di sini,” ujarnya.

Efisien

Banyak kemudahan, efisiensi dan penghematan dengan memanfaatkan gaya hidup urban dengan menggunakan transportasi umum LRT.

Menurut perhitungan Hanif, saat ini rute Bekasi Timur ke Cawang bila ditempuh situasi normal membutuhkan waktu sekitar 45 menit, namun saat macet dapat mencapai 2 jam.

Dengan menggunakan LRT berkecepatan rata-rata 60 km/jam, perjalanan dapat ditempuh hanya 28 menit untuk rute Bekasi Timur-Cawang. Artinya ada efisiensi waktu mencapai 1,5 jam atau sekitar 3 jam setiap harinya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas