Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

KAI Luncurkan KA Dharmawangsa Relasi Jakarta-Surabaya, Ini Tarif dan Rutenya

KAI meluncurkan Kereta Api (KA) baru yaitu KA Dharmawangsa (KA 136) untuk relasi Jakarta via Stasiun Pasar Senen ke Surabaya Pasar Turi

KAI Luncurkan KA Dharmawangsa Relasi Jakarta-Surabaya, Ini Tarif dan Rutenya
Ria Anatasia
Suasana di KA Dharmawangsa (KA 136) untuk relasi Jakarta via Stasiun Pasar Senen ke Surabaya Pasar Turi (PP). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan Kereta Api (KA) baru yaitu KA Dharmawangsa (KA 136) untuk relasi Jakarta via Stasiun Pasar Senen ke Surabaya Pasar Turi (PP).

Penambahan KA ini sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1781 tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 PT KAI (Persero).

"Sesuai Gapeka terbaru, di Daop 1 Jakarta ada tambahan 6 KA, salah satunya dilepas Dharmawangsa Ekspres dari Pasar Senen menuju Pasarturi, Surabaya," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro saat peluncuran KA Dharmawangsa Ekspres di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro saat peluncuran KA Dharmawangsa
Direktur Utama KAI Edi Sukmoro saat peluncuran KA Dharmawangsa Ekspres di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/12/2019).

KA Dharmawangsa yang berangkat dari stasiun Pasar Senen pada pukul 08.25 WIB akan berhenti di 15 stasiun, yakni Pegadenbaru-Cirebon Perujakan-Brebes-Tegal-Pekalongan-Waleri-Semarang Tawang-Ngrombo-Randublatung-Cepu-Bojonegoro-Babat-Lamongan dan akan tiba di stasiun akhir Surabaya Pasar Turi pada pukul 19.30 WIB.

Menurut Edi, tingkat keterisian atau okupansi untuk KA Dharmawangsa cukup tinggi, yaitu di sekitaran 96 persen.

"Sedangkan okupansi dinamis, karena KA kan berhenti nanti di Cirebon ada penumpang turun naik, di Semarang juga ada yang turun naik, itu sampai 140 persen. Artinya masyarakat memang membutuhkan angkutan massal ini," kata Edi.

Adapun perjalanan menggunakan KA Dharmawangsa akan memakan waktu tempuh selama 11 jam 5 menit (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi). Yaitu, dengan menggunakan tiga kereta eksekutif dengan kapasitas 150 tempat duduk (TD) dan enam kereta ekonomi dengan kapasitas 636 TD, sehingga total TD yang disediakan adalah 786 TD.

Baca: Hadapi Natal dan Tahun Baru, PT KAI DAOP I Siapkan 114 Perjalanan KA Per Hari

Baca: Jangan Salah Pesan Tiket, 4 Stasiun Kereta Api Ini Ganti Nama

PT KAI menerapkan tarif batas bawah dan tarif batas atas terhadap harga tiket KA Dharmawangsa relasi stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi.

Rinciannya, untuk weekday kelas eksekutif seharga Rp 350 ribu sampai Rp 390 ribu, dan kelas ekonomi Rp 150 ribu sedangkan untuk weekend harga tiket kelas eksekutif seharga Rp 350 ribu hingga Rp 480 ribu dan kelas ekonomi Rp 150 ribu sampai Rp 160 ribu.

Pemesanan tiket KA Dharmawangsa sudah bisa dipesan sejak 1 November 2019 untuk keberangkatan 1 Desember dan seterusnya, melalui aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

“Dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, kami berharap dapat mengakomodir kebutuhan perjalanan KA para pelanggan yang ingin ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sekaligus dapat meningkatkan minat masyarakat menggunakan kereta api dalam setiap perjalanannya," kata Edi Sukmoro.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas