Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tarif Listrik Tidak Naik Sampai Maret, Ini Rincian Besarannya

Tarif tenaga listrik untuk 25 golongan pelanggan bersubsidi lainnya juga tidak mengalami perubahan, besaran tarifnya tetap.

Tarif Listrik Tidak Naik Sampai Maret, Ini Rincian Besarannya
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas PLN melakukan pengecekan instalasi jaringan listrik di permukiman padat penduduk kawasan Tambora, Jakarta, Kamis (22/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan tidak ada kenaikan tarif listrik untuk pelanggan nonsubsidi selama periode Januari-Maret 2020.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, besaran tarif tenaga listrik periode tersebut ditetapkan sama dengan besaran tarif yang diberlakukan pada periode sebelumnya, yakni Oktober-Desember 2019. Besaran tarif ini juga sama dengan tarif yang berlaku sejak 2017.

"Besaran tarif tenaga listrik nonsubsidi pada periode Januari-Maret 2020 tidak berubah, masih sama seperti periode sebelumnya. Hal ini ditetapkan guna menjaga daya beli masyarakat dan daya saing industri," kata Agung, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Jumat (3/1/2019).

Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan oleh PT PLN (Persero) yang telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 19 Tahun 2019 menyatakan, apabila terjadi perubahan terhadap asumsi ekonomi makro (kurs, Indonesian Crude Price/ICP, inflasi dan/atau harga patokan batu bara) yang dihitung secara triwulanan, akan dilakukan penyesuaian tarif tenaga listrik (tariff adjustment).

Pada bulan September hingga November 2019, parameter ekonomi makro rata-rata per tiga bulan menujukkan perubahan.

Baca: Tak Hanya Iuran BPJS Kesehatan, Tarif Listrik 900 VA juga Akan Naik pada 2020

Nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika (USD) menjadi Rp14.099 per USD, nilai Indonesian Crude Price (ICP) menjadi 61,31 USD/Barrel, tingkat inflasi rata-rata -0,04 persen, dan harga patokan batubara Rp779 per kilogram.

Baca: Makin Banyak Kendaraan Listrik, Tarif Ngecasnya Makin Murah

Berdasarkan perubahan parameter makro tersebut, seharusnya diberlakukan penyesuaian tarif tenaga listrik (tariff adjustment). Namun Pemerintah mempertahankan agar tarif listrik tidak naik. 

Menteri ESDM Arifin Tasrif beberapa waktu yang lalu menyampaikan hal ini dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat dan daya saing industri.

Berikut tarif tenaga listrik untuk triwulan I/2020:

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas