Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kurangi Antrean KRL, PT KAI Daop I Ganti Wesel Lama di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota

Penggantian wesel di Stasiun Gambir maupun di Jakarta Kota dilatarbelakangi sejumlah hal.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Kurangi Antrean KRL, PT KAI Daop I Ganti Wesel Lama di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota
THINKSTOCKPHOTOS
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta akan melakukan revitalisasi prasarana berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan di Jakarta Kota yang dilakukan secara paralel selama 11 hari mulai 13 - 23 Februari 2020.

Ada dua wesel yang akan diganti di Stasiun Gambir, tepatnya Wesel 11A dan Wesel 21A (arah ke Stasiun Juanda), dan 4 wesel di Stasiun Jakarta Kota, yaitu Wesel 13B, Wesel 23B1/B2, Wesel 23A1, dan Wesel 43B1/B2 yang akan diganti dengan Wesel Scissor Baru dan Wesel Inggris.

Penggantian wesel di Stasiun Gambir maupun di Jakarta Kota dilatarbelakangi sejumlah hal.

Sejak dioperasikan pertama kali unit wesel di emplasemen Gambir (±28 tahun) dan Jakarta Kota (±50 tahun) belum pernah dilakukan penggantian.

Meskipun proses perawatan terus dilakukan, namun jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada komponen wesel maka proses perbaikan akan sulit dilakukan lantaran suku cadang pada wesel Inggris yang saat ini terpasang sudah tidak diproduksi pabrikan lagi.

Baca: DPR: Banderol Mobil Listrik di Atas Rp 500 Juta Itu Kemahalan

Penggantian wesel di Stasiun Gambir juga untuk meningkatkan fleksibilitas pergantian jalur pada saat KA melintas di stasiun tersebut, untuk saat ini kondisi eksisting pada jalur 3 dan 4 tidak dapat melintas ke jalur hilir atau arah Jakarta Kota.

Baca: Ini Perubahan Spesifikasi Komponen di Kendaraan Hino Agar Bisa Minum Biosolar B30

Dengan adanya wesel baru, maka keempat jalur di Stasiun Gambir dapat dilalui KA untuk mengarah ke Jakarta Kota sekaligus mengurai antrian KA lintas Manggarai - Jakarta Kota.

BERITA REKOMENDASI

“Secara keseluruhan penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota utamanya dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan perjalanan KA," kata Dadan Rudiansyah, Executive Vice President Daop 1 Jakarta dalam keterangan persnya, Kamis (13/2/2020).  

Dia menjelaskan, wesel yang selama ini dipakai sudah saatnya diganti, untuk Wesel di Stasiun Gambir sudah beroperasi sejak 1992. 

Sedangkan wesel di Stasiun Jakarta Kota terakhir diganti pada tahun 1970, bahkan materialnya sudah tidak diproduksi lagi/

Selain meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan, penggantian wesel akan berdampak besar pada perjalanan KA.

Revitalisasi wesel juga dapat menjadi alternatif solusi pada pengaturan perjalanan KA, apabila dalam kondisi tertentu terjadi kendala di jalur layang maka pelayanan perka dapat lebih terakomodir melalui fleksibilitas pergantian jalur menggunakan wesel baru.

Stasiun Gambir dan Jakarta Kota merupakan stasiun besar di area Daop 1 Jakarta yang melayani perjalanan kereta api jarak jauh, dan kereta rel listrik (commuterline).

Selama proses penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota berlangsung, maka secara khusus akan berdampak pada perjalanan KRL dari dan menuju Jakarta Kota.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas