Tribun Bisnis

Gojek Xcelerate Batch 3 Jaring Sembilan Startup Sektor Ritel

Gojek Xcelerate batch 3 sendiri akan melatih startup di sektor ritel dalam menerapkan inovasi kebutuhan keseharian konsumen (daily consumer innovation

Penulis: Lita febriani
Editor: Fajar Anjungroso
Gojek Xcelerate Batch 3 Jaring Sembilan Startup Sektor Ritel
TRIBUNNEWS.COM/LITA FEBRI
Day Gojek Xcelerate di Kantor Gojek 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program akselerator startup, Gojek Xcelerate kembali digelar dan bekerjasama dengan Digitaraya.

Gojek Xcelerate merupakan wadah berbagi ilmu dari Gojek yang diluncurkan pada bulan September 2019, hingga saat ini telah memasuki batch 3.

Targetnya membina 35 startup terbaik asal Indonesia dan Asia Pasifik melalui pelatihan berbasis kurikulum dari Gojek dan partner global lainnya yaitu McKinsey and Co, UBS Bank dan Google Developers Launchpad.

Gojek Xcelerate batch 3 sendiri akan melatih startup di sektor ritel dalam menerapkan inovasi kebutuhan keseharian konsumen (daily consumer innovation).

Pada batch 3 terpilih sembilan startup Indonesia terbaik untuk mendapatkan pelatihan dari Gojek dan pemimpin industri teknologi lainnya dalam melakukan growth hacking agar mereka dapat mencapai product-market fit.

Baca: Lindungi Privasi Pengguna dan Mitra Driver, Gojek Gunakan Fitur Penyamaran Nomor Telepon

Kesembilan startup pilihan tersebut adalah HRTG, e-tanee, Meyerfood, Kiddo, Sugar, Gigel.id, Mad, Callista dan Bumi.

Chief Marketing Officer Gojek, Ainul Yaqin mengatakan dalam perkembangan sebuah startup, penting untuk para founder menemukan cara yang paling efektif dan efisien dalam mengembangkan produk mereka.

"Salah satu caranya adalah menggunakan growth-hacking. Metode ini mirip dengan disiplin marketing, dimana kita selalu mengupayakan cara memasarkan produk dan jasa yang paling sesuai dengan target konsumen kita, bahkan sampai level individu," tutur Ainul saat Demo Day Gojek Xcelerate di Kantor Gojek, Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (14/2/2020).

Dalam growth-hacking, startup menganalisa data perilaku konsumen untuk mencari solusi yang pasti bagi konsumen dan hal tersebut penting untuk membantu percepatan pertumbuhan serta keberlangsungan bisnis.

Batch pertama Gojek Xcelerate berfokus pada Machine Learning dan telah meluluskan lima startup tanah air.

Sedangkan batch kedua fokus pada Women Founders dan telah meluluskan sembilan startup asal Asia Pasifik yang dipimpin oleh perempuan.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas