Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Idul Adha 2020

Tabungan dan Sisa THR Bisa Digunakan untuk Anggaran Berkurban

Sumber untuk anggaran berkurban bisa memanfaatkan sisa dana THR yang didapat pada bulan lalu dan juga menggunakan sebagian tabungan.

Tabungan dan Sisa THR Bisa Digunakan untuk Anggaran Berkurban
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Juru masak membagikan daging kurban yang diolahnya di acara Masak Bersama Dapur Kurban Pemprov DKI Jakarta di Lapangan IRTI, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019). Pemprov DKI Jakarta mengolah daging kurban untuk dibagikan kepada warga. Pengolahan daging tersebut diolah oleh juru masak hotel berbintang. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Reporter Tribunnews, Yanuar Riezqi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) menyatakan, dengan waktu persiapan hari raya Idul Adha yang relatif singkat, tentunya harus lebih cermat dalam menyiapkan dana kurban.

Investment Specialist Manulife Aset Manajemen Indonesia Dimas Ardhinugraha mengatakan, sumber untuk anggaran berkurban bisa memanfaatkan sisa dana THR yang didapat pada bulan lalu dan juga menggunakan sebagian tabungan.

"Namun jika belum mencukupi, pertimbangkan untuk irit pada pos-pos pengeluaran konsumtif," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (12/6/2020).

Dia menjelaskan, pengeluaran konsumtif di antaranya dana yang biasanya digunakan untuk membeli baju, tas, sepatu baru, jajan, dan lain-lain.

Baca: Kookmin Bank Korea Akuisisi Bukopin, Anggota DPR: Lebih Baik Dibeli Bank Dalam Negeri

"Jika niat Anda sangat kuat namun jumlah dananya masih juga kurang, Anda juga bisa pertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari keahlian atau hobi, seperti memasak atau membuat kopi," kata Dimas.

Baca: Bank Mandiri Perkirakan Tiga Sektor Ini Sulit Bangkit Jika Pandemi Covid-19 Selesai

Selain itu, dia menyarankan dana darurat juga boleh digunakan untuk membeli hewan kurban, tetapi harus segera isi kembali sesudahnya.

"Semua berawal dari niat, ketika niat sudah diikrarkan tentunya harus dibarengi dengan usaha yang maksimal. Insha Allah niat berkurban akan tercapai," pungkasnya.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas