Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Lewat Program #TerusUsaha, Grab Bantu UMKM Balikpapan Masuk ke Dunia Digital

Pihaknya menambahkan, program ini sangat berpotensi untuk masyarakat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Lewat Program #TerusUsaha, Grab Bantu UMKM Balikpapan Masuk ke Dunia Digital
Istimewa
Lewat Program #TerusUsaha, Grab Bantu UMKM Balikpapan Masuk ke Dunia Digital. 

TRIBUNNEWS.COM - Grab luncurkan program #TerusUsaha yang dibuat khusus untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Balikpapan, Selasa (7/7/2020) siang.

Dalam keterangan tertulisnya, Grab mengungkapkan program tersebut bertujuan agar pelaku UMKM di Balikpapan dapat beradaptasi dan berkembang di masa tatananan kehidupan baru atau yang biasa disebut dengan new normal.

Hal itu menjadi penting untuk dilakukan, karena Grab melihat UMKM memiliki peran yang cukup serius bagi perekonomian di Balikpapan dan perlu bantuan agar masuk ke dalam dunia digital.

Jika dilihat secara angka, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kota Balikpapan, pada 2019 tercatat ada 22.853 pelaku UMKM yang berada di daerah tersebut. Bahkan sekitar 85% dari angka tersebut merupakan pelaku usaha mikro.

“Program #TerusUsaha merupakan salah satu langkah konkret yang sejalan dengan misi ​GrabForGood​,untuk meningkatkan kemampuan, kapasitas dan jangkauan bagi UMKM dan juga individu dalam menyambut masa depan ekonomi digital,” ungkap Head of East Indonesia Grab Indonesia, Halim Wijaya dalam keterangan tertulisnya.

Halim Wijaya mengatakan, dalam program tersebut ada beragam keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM atau individu yang ingin memulai usaha secara mandiri.

Lebih rinci, dalam program #TerusUsaha, pihaknya akan membantu pelaku UMKM yang ingin meningkatkan visibilitas online dan penjualan melalui penyediaan iklan gratis pada laman utama aplikasi. Bahkan, pihaknya akan memberikan ruang bagi pelaku UMKM yang ingin beriklan di berbagai sosial media dan jaringan internet yang dimiliki oleh Grab.

Belum cukup akan hal tersebut, Grab juga memberikan pelatihan keterampilan dan pertumbuhan bagi bisnis kecil.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Grab adalah dengan membuat microsite khusus untuk para pelaku UMKM. Dimana dalam microsite tersebut, pelaku UMKM mendapatkan berbagai ilmu terkait pengembangan bisnis di era dunia digital. Bahkan, pihaknya juga membuka kesempatan untuk para pelaku UMKM untuk bergabung dengan ekosistem Grab.

Perusahaan yang didirikan oleh Anthony Tan itu juga memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin menjadi Agen Individu GrabKios.

Halaman
12
Penulis: Dea Duta Aulia
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas