Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Petrokimia Gresik Siapkan Strategi Menuju Related Diversified Industry

Tahun 2020 Petrokimia Gresik akan mulai bertransformasi dari single industry firm ke related diversified industry dengan meneruskan hilirisasi produk

Petrokimia Gresik Siapkan Strategi Menuju Related Diversified Industry
IST
Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi saat menjadi inspektur upacara virtual HUT ke-48 Petrokimia Gresik, Jumat, 10 Juli 2020. 

Laporan Hasiholan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Petrokimia Gresik perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia mengintip peluang di balik pandemik covid-19 yang terjadi di seluruh belahan dunia.

Diketahui, pandemi Covid-19 yang tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan dan ekonomi, tapi juga menghantam sektor pangan dan pertanian sebagai penopang hajat hidup masyarakat.

Dalam menghadapi tantangan di tengah wabah, Petrokimia Gresik memliki strategi untuk terus berkontribusi bagi ketahanan pangan nasional melalui penyediaan solusi bagi agroindustri menuju pertanian berkelanjutan.

“Transformasi yang telah dijalankan Petrokimia Gresik sejak tahun 2019 kini tidak sekadar menjadi burning platform, tapi sudah menjadi katalisator,” ujar Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi saat menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 Petrokimia Gresik secara virtual di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Baca: Petrokimia Gresik Gelontorkan Rp 7,9 Miliar untuk Penanggulangan Covid-19

Petrokimia Gresik, lanjut Rahmad, menyebutkan bahwa DNA perusahaan adalah DNA perubahan. Sejak pertama berdiri pada tahun 1972, Petrokimia Gresik selalu melakukan hal-hal transformatif.

Mulai dari memproduksi pupuk tunggal berbasis Nitrogen dan Fosfat, pupuk majemuk NPK pertama di Indonesia dengan basis chemical reaction, pupuk organik dengan kandungan C-Organik 12,5%, pupuk hayati.

Baca: 33 Ribu Ton Pupuk Urea Buatan Petrokimia Gresik akan Diekspor ke Meksiko

Kemudian bisnisnya berkembang ke beragam produk pengembangan seperti benih, pengendalian hama, probiotik, kapur pertanian, dekomposer, sejumlah produk olahan pertanian, serta beragam produk kimia untuk keperluan berbagai jenis industri lainnya.

Tahun 2020 ini Petrokimia Gresik akan mulai bertransformasi dari single industry firm menjadi related diversified industry dengan meneruskan hilirisasi produk, melalui 3 strategi. Yaitu, peningkatan kapasitas, rekonfigurasi pabrik, dan pengembangan produk baru.

Strategi peningkatan kapasitas akan dimulai dengan membangun pabrik AlF3. Pabrik baru ini menambah kapasitas produksi AlF3 menjadi dua kali lipat atau 25.000 ton per tahun.

Halaman
12
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas