Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Peringkat Kredit Indonesia Tetap di BBB dengan Outlook Stable

Lembaga pemeringkat utang Fitch mempertahankan peringkat utang (rating) Indonesia pada posisi BBB dengan outlook stable.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Peringkat Kredit Indonesia Tetap di BBB dengan Outlook Stable
IST
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga pemeringkat utang Fitch mempertahankan peringkat utang (rating) Indonesia pada posisi BBB dengan outlook stable.

Dalam laporannya, Fitch menyatakan bahwa stabilnya rating Indonesia didorong oleh prospek pertumbuhan jangka menengah yang baik.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari mengatakan, selain itu juga rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) rendah dibandingkan negara lain dengan kategori BBB.

"Di sisi lain, Fitch beranggapan pemerintah Indonesia perlu mengurangi ketergantungan terhadap pihak eksternal. Lalu, meningkatkan pendapatan negara, mempercepat reformasi struktural, dan meningkatkan PDB per kapita," ujarnya, Selasa (11/8/2020).

Baca: Komisi XI DPR Desak Pemerintah Ajukan Restrukturisasi Utang Indonesia

Rahayu menjelaskan, Fitch dalam press release-nya mengapresiasi pemerintah Indonesia karena telah menanggapi krisis dengan cepat.

Berbagai langkah bantuan dilakukan untuk mendukung rumah tangga dan perusahaan, termasuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Baca: Kopi Tapanuli, dari Sekedar Pembayar Utang Menjadi Tulang Punggung Ekonomi

BERITA TERKAIT

"Fitch juga beranggapan pemerintah telah mengambil beberapa tindakan sementara yang luar biasa. Mencakup penangguhan tiga tahun dari plafon defisit 3 persen dari PDB dan pembiayaan bank sentral langsung terhadap defisit," pungkas Rahayu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas