Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jaga Pasokan di Sumatera dan Jawa, Pertamina EP Alirkan Gas dari SKG-19

penyelesaian proyek dengan investasi senilai 17,3 juta dolar AS ini berhasil selesai 15 hari lebih awal dari target yang ditetapkan.

Jaga Pasokan di Sumatera dan Jawa, Pertamina EP Alirkan Gas dari SKG-19
ist
Proyek Kompresor Gas SKG-19 Pertamina EP Selesai Sesuai Target 

TRIBUNNEWS,COM, JAKARTA - Di tengah tantangan pandemi Covid-19, PT Pertamina EP sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero), tetap berkomitmen menyelesaikan proyek-proyek yang telah ditetapkan sebagai upaya memenuhi target produksi untuk menjaga ketahanan energi nasional.

Salah satu proyek yang telah berhasil on stream sesuai target adalah proyek Kompresor Gas SKG-19 Musi yang berada di Wilayah Kerja Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field.

Baca: Pertamina Bakal Agresif Buka 3.000 Gerai Bright Store Hingga 2025

Baca: Hadirkan PertaShop, Pertamina Dorong Pertumbuhan Pusat Ekonomi Baru

Proyek Kompresor Gas SKG-19 berada di Desa Bangun Rejo, Kecamata Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan merupakan tahapan dari pengembangan Lapangan Musi, yaitu pemasangan kompresor tekanan rendah untuk mengoptimalkan produksi gas dari sumur-sumur di Lapangan Musi.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan proyek ini sangat penting untuk menjaga suplai gas bagi pelaku industri Sumatera dan Jawa Barat.

“Dengan on stream-nya proyek Kompresor SKG-19 maka suplai gas bagi industri sebesar 150 juta kaki kubik per hari (MMscfd) dapat kami pertahankan,” tambahnya.

Julius juga menyatakan bahwa penyelesaian proyek dengan investasi senilai 17,3 juta dolar AS ini berhasil selesai 15 hari lebih awal dari target yang ditetapkan.

“Terdapat kendala akibat pandemi Covid-19 pada kuartal II 2020 lalu, yaitu adanya beberapa suplai peralatan yang terhambat. Namun dengan berbagai upaya yang dilakukan SKK Migas dan Pertamina EP, kemajuan proyek membuahkan hasil positif sehingga dapat on stream pada hari ini”, kata Julius.

Direktur Utama PT Pertamina EP Eko Agus Sardjono mengungkapkan keberhasilan penyelesaian proyek yang lebih cepat dari target dengan zero accident ini merupakan kerja keras dan kolaborasi yang baik dari berbagai pihak.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih pada seluruh pihak yang terlibat yakni masyarakat dan pemerintah daerah setempat, SKK Migas, Pertamina EP, serta pelaksana pekerjaan PT Indo Turbine”.

Proyek yang dilaksanakan oleh PT Indo Turbine ini meliputi pemasangan 4 kompresor tipe LP, 4 unit LP Suction Scrubber, 4 unit Inster Stage Gas Cooler, Close Drain System, dan Dry Gas Seal Heater System.

Pemasangan kompresor gas SKG-19 akan mengoptimalkan lifting gas dari lapangan musi sebagai penyumbang utama produksi gas di Sumatera Selatan. Dengan manajemen proyek yang baik, maka proyek ini dapat terselesaikan dengan zero accident, dan jam kerja selamat sebanyak 356.205 jam.

Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas