Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pagu Anggaran Naik, Ini Data Ekonomi Terbaru untuk 2021 dari BPS

Suhariyanto mengatakan, hampir semua sumber pagu anggaran berasal dari rupiah murni dengan ada sedikit dari pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Pagu Anggaran Naik, Ini Data Ekonomi Terbaru untuk 2021 dari BPS
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kepala Badan Pusat Statistik Kecuk Suhariyanto. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, pagu anggaran pada 2021 sebesar Rp 5,3 triliun, mengalami peningkatan 13,74 persen dibanding APBN-P 2020.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, hampir semua sumber pagu anggaran berasal dari rupiah murni dengan ada sedikit dari pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

"PNBP itu berasal dari Sekolah Tinggi ilmu Statistik. Selain itu, juga beberapa Pemda di provinsi yang melakukan kerjasama dengan BPS," ujarnya saat rapat bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Dari peningkatan anggaran itu, ada beberapa indikator strategis yang akan Bps rilis, mulai dari pengangguran, kemiskinan, dan sebagainya.

Baca: BPS: Jumlah Wisman Naik Tipis, Pemulihan Covid-19 Butuh Waktu

"Kita juga akan melakukan beberapa aktivitas baru, misalnya di sana ada survei pertanian terintegrasi yang disingkat AGRIS. Tujuannya adalah untuk menghasilkan 5 indikator untuk SDGs," kata Suhariyanto.

Baca: BPS: Agustus 2020, NTP dan NTUP Naik Signifikan

Kemudian, lanjutnya, BPS juga akan melakukan survei perikanan potensi khusus untuk rumput laut karena selama ini belum pernah dilakukan.

"Sementara, juga ada juga aktivitas periodik seperti survei biaya hidup. Ini sebagai dasar untuk perhitungan inflasi dan juga potensi desa," pungkasnya.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas