Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kalangan Bisnis di Tanah Air Terus Didorong untuk Menerapkan GRC Terintegrasi

Penerapan integrated GRC dapat mendukung pencapaian kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan dan pemulihan ekonomi nasional

Kalangan Bisnis di Tanah Air Terus Didorong untuk Menerapkan GRC Terintegrasi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Kalangan bisnis di Tanah Air, utamanya perusahaan, terus didorong untuk menerapkan governance, risk (manajemen risiko), dan compliance (manajemen kepatuhan) yang terintegrasi atau integrated GRC, dengan baik.

Penerapan integrated GRC dapat mendukung pencapaian kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan dan pemulihan ekonomi nasional di saat pandemi Covid-19 saat ini.

Demikian, salah salah temuan dari ajang TOP GRC Awards 2020 yang digelar di Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2020 secara virtual.

Baca juga: PM Jepang ke Indonesia, Visa Bisnis Pemagang dan Pelajar Indonesia Dibuka

TOP GRC Awards 2020 adalah ajang penghargaan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Majalah TopBusiness bekerjasama dengan Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Irmapa (Indonesia Risk Management Professional Association), ICopi (Institute of Compliance Professional Indonesia), serta didukung oleh sejumlah institusi lainnya.

Melalui kegiatan TOP GRC Awards ini, diharapkan semakin banyak perusahaan di Tanah Air yang menerapkan principled performance (atau kinerja berprinsip) dalam GRC-nya, di mana dalam upaya pencapaian kinerja perusahaan, manajemen melaksanakan tata kelola yang baik, mempertimbangkan risiko-risiko yang berkembang, serta menjalankannya secara berintegritas.

Sejumlah perusahaan terkemuka yang berhasil meraih penghargaan TOP GRC Awards 2020, diantaranya adalah Indonesia Power, Jasa Raharja, PTBA, CIMB Niaga, JIEP Pulogadung, KSO Terminal Petikemas Koja, PT PLN Batam, Pertamina Bina Medika-IHC, Waskita Karya, IPC Terminal Petikemas, Lintasarta, Waskita Realty dan Jasa Armada Indonesia.

Baca juga: Ekonomi Global Diprediksi Merugi 28 Triliun Dolar AS Akibat Pandemi

Sejumlah perusahaan terbaik lainnya dari berbagai industri juga berhasil meraih penghargaan bergengsi ini.

Dalam keynote speech-nya, Dwi Wahyu Atmaji, Sekretaris Kemenpan RB yang juga Ketua Umum Asosiasi Sekretaris Jenderal Kementerian dan Lembaga Non Kementerian mengatakan kegiatan TOP GRC Awards selaras dengan Kebijakan Kementerian dan Lembaga dalam meningkatkan keseimbangan antara Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Dengan implementasi GRC yang baik dan efektif, maka perusahaan-perusahaan di Indonesia akan dapat terus tumbuh, sehingga tetap mampu menopang program pemulihan ekonomi nasional dan program kesehatan masyarakat di masa Pandemi Covid-19 ini.

Sementara Ketua Dewan Juri TOP GRC Awards 2020, Antonius Alijoyo, menjelaskan kegiatan TOP GRC Awards 2020 memiliki arti penting untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia, agar kinerja bisnisnya, dapat terus tumbuh secara berkelanjutan, dengan didasari pada penerapan prinsip-prinsip good governance, risk management, dan compliance management.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas