Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kolaborasi Strategis Batumbu dan 3 Plaform untuk Meningkatkan Inklusi Keuangan

Batumbu merupakan perusahaan Peer-To-Peer (P2P) Lending yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Sanusi
zoom-in Kolaborasi Strategis Batumbu dan 3 Plaform untuk Meningkatkan Inklusi Keuangan
ist
Batumbu menjalin sebuah kolaborasi strategis dengan platform LUNA, GrosirOne dan Siabos sebagai upaya inovasi dan berkolaborasi sehingga memberikan dampak positif bagi ekosistem Wira UMKM Batumbu 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Batumbu menjalin sebuah kolaborasi strategis dengan platform LUNA, GrosirOne dan Siabos sebagai upaya inovasi dan berkolaborasi sehingga memberikan dampak positif bagi ekosistem Wira UMKM Batumbu.

Komitmen tersebut terangkum dalam Tumbuseries yang bermanfaat sarana edukasi kepada Wira UMKM, TumbuSama merupakan kolaborasi bisnis sesama Wira UMKM Batumbu, TumbuTalk merupakan edukasi dalam bentuk berbagi antara Wira UMKM.

Kemudian TumbuBijak merupakan kutipan pesan positif dari pelaku bisnis dan TumbuSehat merupakan aktivitas CSR Batumbu.

Batumbu merupakan perusahaan Peer-To-Peer (P2P) Lending yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak April 2019.

Batumbu memediasi kemudahan akses layanan keuangan melalui pertemuan Penyedia Dana dan Wira UMKM yang membutuhkan pembiayaan dalam sebuah platform digital.

"Kolaborasi strategis ini berawal dari realita bahwa pada umumnya para Wira UMKM hanya berfokus pada peningkatan penjualan dan menomorduakan disiplin pencatatan transaksi bisnis yang lebih tertata dengan baik," kata Jenny Wiriyanto selaku CEO Batumbu dalam keterangan pers, Selasa (27/10/2020).

BERITA TERKAIT

Dampak dari pencatatan bisnis yang tidak lengkap ini bisa mengakibatkan Wira UMKM sulit untuk mendapatkan pembiayaan yang disebabkan karena tidak adanya akses informasi yang mencerminkan perilaku, karakter dan pencatatan transaksi keuangan yang baik.

Atas dasar itulah Batumbu menjalin kolaborasi strategis dengan beberapa penyedia platform di Indonesia yang memiliki kesamaan tujuan, untuk memberikan kemudahan dan menjadikan Wira UMKM Indonesia memiliki keunggulan kompetitif serta mendukung digitalisasi keuangan bagi Wira UMKM.

Kolaborasi antara Batumbu dengan LUNA menawarkan solusi untuk mengoptimalkan operasional dan pelayanan dengan POS (Point Of Sale), system order dan pembayaran yang sudah terdigitalisasi dan telah di simplifikasi dengan berbasis teknologi.

Kolaborasi ini makin lengkap karena didukung juga oleh GrosirOne yang memiliki visi untuk membuat efisiensi di bidang rantai pasok dengan teknologi dan layanan keuangan.

Dalam prosesnya, GrosirOne mendigitalisasi supply chain untuk memastikan proses yang lebih lancar, aman, dan efisien untuk semua pihak.

Satu lagi yang tidak kalah penting adalah kehadiran SiaBos dalam kolaborasi strategis ini, yang menjadi penyedia aplikasi pintar dalam mendigitalisasi pasar tradisional Indonesia untuk meningkatkan penjualan Wira UMKM dalam satu platform digital.

Jenny berharap kolaborasi strategis yang dijalin dengan LUNA, GrosirOne, dan SiaBos, kami berharap untuk dapat menciptakan competitive advantage bagi Wira UMKM Indonesia.

Dimulai dengan memberikan edukasi kepada para Wira UMKM agar terbiasa untuk disiplin dalam pencatatan bisnis dan pengolahan data menjadi informasi strategis.

"Kami ingin membawa mereka (Wira UMKM) ke dalam suatu kondisi yang tanpa mereka sadari bahwa mereka layak untuk mendapatkan pembiayaan karena pencatatan transaksi yang rapih mencerminkan perilaku dari bisnis itu sendiri," katanya.

Batumbu sendiri berkomitmen tidak sekedar menyalurkan pinjaman, namun juga berkepentingan untuk membawa para Wira UMKM memiiliki kemampuan bekerja secara lebih efisien dan efektif, sehingga tercipta kemampuan untuk bersaing di kemudian hari.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas