Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Nasib Peternak di Titik Nadir, Kementan Kampanyekan Gerakan Gemar Makan Daging Ayam

Konsumsi daging ayam Indonesia saat ini baru mencapai hampir 6 kg per kapita per tahun. Sementara, Thailand sudah 20 kg per kapita per tahun.

Nasib Peternak di Titik Nadir, Kementan Kampanyekan Gerakan Gemar Makan Daging Ayam
IST
Direktur Jenderal Peternakan Dan Kesehatan Hewan Dr. Ir. Nasrullah MSc 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kondisi peternak ayam di Indonesia saat ini sedang terpuruk. Pasokan ayam yang melimpah ke pasar membuat harga ayam menjadi jatuh. Ribuan peternak pun merugi.

Hal itu diperpaah lagi oleh kondisi pandemi Covid-19 yang membuat peternak ayam semakin terpuruk.

Kementerian Pertanian berusaha menyelamatkan nasib para peternak dengan menggalakkan Gerakan Makan Ayam disingkat GEMAYA untuk menggenjot konsumsi ayam di masyarakat.

Harapannya, kampanye ini bisa membantu kelangsungan bisnis para peternak ayam di seluruh Indonesia. Kampanye ini juga memberikan efek tidak langsung kepada perekonomian Indonesia yang terguncang karena pandemi.

Dengan dibukanya pasar-pasar dengan menerapkan protokol kesehatan akan ada transaksi yang bisa membuat roda perekenomian menggeliat kembali.

Direktur Jenderal Peternakan Dan Kesehatan Hewan Dr. Ir. Nasrullah M.sc di acara webinar 'Tingkatkan Konsumsi Ayam Dalam Negeri, Selamatkan Peternak dan Peningkatan Gizi' melalui aplikasi Zoom di Jakarta, Senin (26/10/2020) mengatakan, daging ayam merupakan sumber protein hewani dengan kandungan gizi yang baik dan mudah terjangkau oleh masyarakat.

Dr Nasrullah menekankan, pemenuhan asupan gizi terutama di masa pandemi Covid-19 sangat penting dan daging ayam disebutkan sebagai salah satu asupan makanan yang dibutuhkan agar imun tubuh meningkat.

‘’Menjaga pola makan dengan asupan gizi yang seimbang penting dilakukan sebagai upaya menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi. Mengkonsumsi daging ayam merupakan bagian dari upaya meningkatkan daya tahan tubuh karena gizinya dapat meningkatkan kekebalan tubuh,’’ ujarnya.

Ketua DPP PINSAR Drh Rakhmat Nurianto mengatakan, kampanye GEMAYA bisa menjadi solusi jangka panjang untuk menolong peternak ayam yang sedang terpuruk.

Melalui kampanye GEMAYA bisa dihadirkan solusi baru mengatasi problem yang dihadapi peternak ayam nasional. Antara lain penyediaan rantai dingin (cold chain) dan proses pengaturan suhu yang tidak terputus, mulai dari tahap pemotongan, penyimpanan sampai konsumsi.

Webinar 'Tingkatkan Konsumsi Ayam Dalam Negeri, Selamatkan Peternak dan Peningkatan Gizi' melalui aplikasi Zoom di Jakarta, Senin (26/10/2020)
Webinar 'Tingkatkan Konsumsi Ayam Dalam Negeri, Selamatkan Peternak dan Peningkatan Gizi' melalui aplikasi Zoom di Jakarta, Senin (26/10/2020) (IST)
Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas