Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Gejolak Rupiah

Awal Pekan, Rupiah Dibuka Menguat ke Rp 14.125 per Dolar AS, Berikut Prediksinya

Awal Pekan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot dibuka menguat ke Rp 14.125 per dolar AS atau naik 0,32% pada Senin (16/11/2020).

Awal Pekan, Rupiah Dibuka Menguat ke Rp 14.125 per Dolar AS, Berikut Prediksinya
Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi-Nilai Tukar Rupiah. Dalam artikel ini mengulas tentang nilai tukar rupiah yang dibuka menguat ke Rp 14.125 per Dolar AS, Senin (16/11/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Awal pekan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot dibuka menguat ke Rp 14.125 per dolar AS pada Senin (16/11/2020).

Berdasarkan data Bloomberg, posisi rupiah naik 0,32% dibanding penutupan sebelumnya.

Analis Global Kapital Investama, Alwi Assegaf menilai saat ini sebenarnya pergerakan rupiah cenderung gamang.

Antara euforia mengenai kabar positif vaksin maupun kekhawatiran lonjakan virus corona yang mendorong investor melirik aset safe haven.

Belakangan, di Eropa dan AS, kasus baru terus bertambah dan membuat investor sementara menjauh terlebih dahulu dari aset berisiko.

"Tapi, pada akhir perdagangan Jumat kemarin, sentimen risk-on kembali muncul di akhir."

"Hal ini ditandai dengan penguatan bursa saham Wall Street setelah hasil earning yang solid, serta pernyataan dewan penasihat pandemi Biden, yang melihat tidak adanya urgensi untuk menjalankan lockdown saat ini,” kata Alwi kepada Kontan.co.id, Sabtu (14/11/2020).

Dengan meningkatnya sentimen risk-on tersebut, Alwi menilai kemungkinan akan berdampak positif bagi rupiah seiring arus dana asing kemungkinan akan kembali masuk ke Indonesia.

Oleh karena itu, Alwi memperkirakan rupiah hari ini akan berpeluang menguat dengan bergerak pada rentang Rp 14.235 - Rp 14.080 per dolar AS.

Pegawai menunjukan uang dolar Amerika Serikat dan rupiah di gerai penukaran uang Ayu Masagung di Jalan Kramat Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2020). Nilai tukar rupiah terus tertekan sejak beberapa pekan terakhir, terutama setelah merebaknya wabah virus covid-19. Rupiah, kini selalu berada di atas Rp 15 ribu per dolar AS.
Pegawai menunjukan uang dolar Amerika Serikat dan rupiah di gerai penukaran uang Ayu Masagung di Jalan Kramat Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2020). Nilai tukar rupiah terus tertekan sejak beberapa pekan terakhir, terutama setelah merebaknya wabah virus covid-19. Rupiah, kini selalu berada di atas Rp 15 ribu per dolar AS. (Tribunnews/JEPRIMA)

Adapun kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah berada pada level Rp 14.139 per dolar AS.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas