Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Apakah Ada Utang yang Sehat dalam Keuangan? Simak Penjelasan Berikut!

Utang sebenarnya dapat membantu dalam mengelola keuangan, contohnya saat kebutuhan mendesak tiba-tiba datang atau untuk keperluan produktif.

Editor: Content Writer
zoom-in Apakah Ada Utang yang Sehat dalam Keuangan? Simak Penjelasan Berikut!
Istimewa
Ilustrasi berutang. 

TRIBUNNEWS.COM - Berkembangnya aplikasi pinjaman uang online pada beberapa tahun belakangan ini memang menjawab kebutuhan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang belum pernah mendapatkan akses kredit.

Hanya bermodalkan smartphone dan internet, siapapun bisa mengunduh aplikasi pemberi pinjaman online. Jika memenuhi persyaratan, kita tinggal melengkapi data yang diminta dan dana akan cair dalam hitungan hari bahkan jam.

Namun, masih banyak yang menganggap utang sebagai pantangan, atau menganggap utang sebagai kegagalan orang dalam mengatur keuangan pribadinya. Sampai-sampai, banyak orang malu jika ada yang mengetahui kalau dirinya memiliki utang.




Ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi pinjaman uang online yang abal-abal, membuat stigma aplikasi pinjaman uang online semakin negatif di mata masyarakat.

Padahal utang sebenarnya dapat membantu dalam mengelola keuangan, contohnya saat kebutuhan mendesak tiba-tiba datang, untuk membeli barang produktif yang menunjang pekerjaan sehari-hari hingga untuk modal berbisnis.

Asalkan Anda berutang tidak melewati batas, dan porsinya masih sehat. Bilamana sudah lewat dari batas sehat, hal tersebut perlu disetop dan diperbaiki segera sebelum keuangan porak-poranda.

Lantas, seperti apa sih utang yang dikategorikan sehat bagi keuangan?

BERITA TERKAIT

Utang yang porsinya kurang dari 30% total penghasilan sebulan
Ciri utang yang sehat sudah dipastikan tidak lebih besar pasak daripada tiang. Sesuai yang dianjurkan banyak pakar keuangan, total utang atau angsuran yang Anda miliki tidak lebih dari 30% total penghasilan per bulan.

Jadi, jika Anda memiliki penghasilan sebesar Rp 8 juta per bulan, maka uang yang dialokasikan untuk bayar utang sebulannya tidak boleh lebih dari Rp 2,4 juta. Kurang dari jumlah tersebut, tentu makin baik dan sehat.

Mengingat akan ada diskon gede harbolnas, jangan sampai kredit per bulan melebihi 30% dari jumlah penghasilan. Jika sudah melebihi, lebih baik Anda berhenti menambah utang. Sebab, jika ditambah lagi, kebutuhan yang lain bisa terganggu pemenuhannya.

Yang lebih buruk, bisa terjadi kredit macet yang pada akhirnya akan semakin menambah beban keuangan pribadi Anda.

Utang yang produktif untuk berbisnis

Utang produktif adalah utang yang bisa menambah nilai atau manfaat dalam keuangan. Salah satunya adalah utang untuk berbisnis, baik untuk membangun bisnis baru dari awal atau sebagai tambahan modal untuk membesarkan bisnis yang saat ini sudah Anda miliki.

Tidak bisa dipungkiri kalau modal adalah salah satu faktor penting dalam aktivitas bisnis. Nah, berutang kerap dijadikan sebagai pilihan utama oleh para pebisnis untuk mendapatkan modal. Tentunya, dengan perencanaan dan hitung-hitungan yang matang sesuai profit bisnis dan forecast-nya. Dari profit tersebutlah nantinya angsuran pinjaman modal tersebut bisa dibayarkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas