Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Harga Minyak Brent Tembus Level Tertinggi Sejak Maret

Harga minyak mentah Brent naik 46 sen atau 1,0% menjadi US$ 48,71 per barel.

Harga Minyak Brent Tembus Level Tertinggi Sejak Maret
ETF Daily News
ILUSTRASI 

Laporan Reporter Kontan, Yudho Winarto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harga minyak mentah Brent naik 1% ke level tertinggi sejak awal Maret pada Kamis (3/12/2020) di tengah harapan baru untuk kesepakatan stimulus AS.

Selain itu setelah produsen minyak utama setuju untuk meningkatkan produksi sebesar 500.000 barel per hari (bph) dari Januari.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent naik 46 sen atau 1,0% menjadi US$ 48,71 per barel.

Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 36 sen atau 0,8% ke penutupan tertinggi satu pekan di US$ 45,64.

Harga minyak pada level US$ 48,71 per barel adalah penyelesaian tertinggi untuk Brent sejak 5 Maret - sebelum sebagian besar negara memberlakukan lockdown untuk menghentikan penyebaran virus corona.

"Pasar menguat ke level tertinggi multi-bulan karena ekspektasi permintaan dari vaksin dan stimulus, bukan dari manajemen pasokan OPEC," kata Robert Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho.

Kenaikan ini berarti Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia alias OPEC +, akan bergerak untuk memangkas produksi sebesar 7,2 juta barel per hari atau 7% dari permintaan global mulai Januari, dibandingkan dengan pemotongan saat ini sebesar 7,7 juta barel per hari.

OPEC + diperkirakan akan memperpanjang pemotongan yang ada hingga setidaknya Maret, setelah mundur dari rencana sebelumnya untuk meningkatkan produksi sebesar 2 juta barel per hari.

"Pasar sekarang bereaksi positif dan harga mencatat kenaikan kecil karena pasokan tambahan 500.000 (bpd) tidak mematikan untuk keseimbangan," kata Paola Rodriguez-Masiu, analis pasar minyak senior di Rystad Energy.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas