Tribun Bisnis

Jurus Jitu Bisnis

Perusahaan Farmasi Menangkan Best of the Best Forbes Sebanyak Tiga Kali, Apa Kuncinya?

Best of the Best Award dari Forbes Indonesia adalah penghargaan yang diberikan kepada 50 perusahaan terpilih yang tercatat di BEI

BizzInsight
Perusahaan Farmasi Menangkan Best of the Best Forbes Sebanyak Tiga Kali, Apa Kuncinya?
Sido Muncul
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Best of the Best Award dari Forbes Indonesia adalah penghargaan yang diberikan kepada 50 perusahaan terpilih yang tercatat di Bursa Efek Indoensia (BEI).

Perusahaan yang mendapatkan penghargaan ini pun bukan perusahaan biasa. Mereka yang terpilih telah melewati proses penilaian seperti pertumbuhan penjualan, laba bersih, dan return on equity, serta memiliki nilai lebih dari 1 miliar dollar.

Selain itu, perusahaan yang menerima penghargaan ini juga konsisten menjaga pertumbuhan kinerja dalam jangka waktu tiga sampai lima tahun ke depan. Perusahaan farmasi yang selalu masuk ke daftar penghargaan ini adalah PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk (Sido Muncul).

Sido Muncul kembali terpilih di tahun 2020, setelah sebelumnya telah terpilih pada tahun 2016 dan 2019. Padahal baru-baru ini, Sido Muncul juga mendapatkan penghargaan Best Under A Billion 2020 dari Forbes Asia dalam kategori industri traditional medicine. Perlu diketahui, hanya 13 perusahaan di Indonesia yang berhasil memperoleh penghargaan tersebut.

Diwawancarai secara virtual via zoom, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengungkapkan bahwa penghargaan ini merupakan tolak ukur kinerja perusahaan Sido Muncul.

“Setiap penghargaan termasuk penghargaan Best of the Best Award ini merupakan tolak ukur bahwa kami sudah melakukan hal yang benar, bahwa kami on the right track, karena kalau tidak ada berarti ada yang salah dengan kami. Penghargaan ini pun menjadi pendorong kami untuk melakukan hal yang terbaik lagi di masa depan,” ujar Irwan Hidayat.

Tetap Bertahan di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 memberikan dampak ekonomi yang begitu besar kepada banyak perusahaan di Indonesia. Banyak perusahaan yang mengalami kerugian, bahkan tak sedikit yang harus gulung tikar akibat tak bisa bertahan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Namun Sido Muncul berhasil bertahan, bahkan memberikan kinerja terbaik selama tahun ini.

“Banyak hal yang membuat kami tetap bertahan di tengah pandemi ini. Pertama, usaha yang kami lakukan cocok dengan iklim pandemi. Dan kedua yang terpenting, kami telah melakukan persiapan jauh sebelum pandemi,” ujar Irwan Hidayat.

Dalam wawancara virtual itu, Irwan juga membeberkan rahasia bagaimana Sido Muncul meraih penghargaan Best of the Best Award dari Forbes Indonesia.

“Kuncinya selalu kreatif, mengikuti demand, ditambah keberuntungan dan feeling, serta selalu perhitungan akan segala hal yang dilakukan, juga memiliki plan B. Namun yang terpenting adalah harus menjunjung kejujuran, baik kepada karyawan, pemerintah, bahkan kepada lingkungan karena bukan hanya profit namun lingkungan juga sangat penting,” ujarnya.

Irwan menambahkan saat ini hampir seluruh proses kerja pabrik Sido Muncul dilakukan secara otomatis. Tak hanya itu saja, setiap pekerja pun rutin diberi Sido Muncul pagi dan sore, serta JSH setiap bulannya.

“Selain itu, sudah sejak 10 tahun lalu, Sido Muncul telah melakukan penelitian ilmiah terkait uji khasiat dan uji keamanan produknya, serta melakukan penelitian obat-obatan herbal yang bermanfaat kedepannya,” tutup Irwan Hidayat.

Penulis: Firda Fitri Yanda/Editor: Dana Delani   

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas