Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pengusaha Bilang Mungkin Ekonomi Bisa Cepat Pulih jika Gaji PNS Naik jadi Rp 9 Juta

Nina Tursina mengatakan, ada kemungkinan ekonomi bisa cepat pulih jika pemerintah menaikkan gaji PNS minimal ke angka Rp 9 juta. 

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pengusaha Bilang Mungkin Ekonomi Bisa Cepat Pulih jika Gaji PNS Naik jadi Rp 9 Juta
KOMPAS.com/NURWAHIDAH
Ilustrasi gaji, rupiah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan, daya beli masyarakat turun akibat dampak pandemi Covid-19, sehingga mengganggu aktivitas dunia usaha. 

Anggota Dewan Pertimbangan Apindo Nina Tursina mengatakan, ada kemungkinan ekonomi bisa cepat pulih jika pemerintah menaikkan gaji PNS minimal ke angka Rp 9 juta. 

Sayangnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak menyetujui rencana kenaikan gaji PNS yang diwacanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). 




"Kalau gaji PNS Rp 9 juta, pelaku usaha ada harapan terhadap naiknya daya beli untuk masing-masing produk," ujarnya saat dihubungi Tribunnews, Sabtu (9/1/2021). 

Kendati demikian, dampak langkah ekstrem dengan menaikkan gaji PNS setelah krisis 1998 dilihatnya berbeda dari situasi pandemi sekarang. 

Baca juga: Tak Apa PSBB Ketat DKI Jakarta, Asal Pemerintah Kasih Subsidi Gaji 50 Persen 

"Karena ini beda, situasi krisis 1998 dengan pandemi. Ini kita lebih waswas, beda, pertimbangannya banyak banget, ini berat walaupun ada subsidi juga terbatas," kata Nina. 

Dia menambahkan, pelaku usaha banyak yang pusing menghadapi dampak pandemi karena belum tahu kapan selesainya. 

BERITA TERKAIT

"Jadi untuk konsumen juga beli kebutuhan lain gimana nanti. Ini tidak tahu sampai kapan, konsumen hemat-hemat agar tidak sampai kehabisan dana," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas