Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Asosiasi Minta Pedagang Daging Kembali Berdagang Hari Ini

Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) mengimbau kepada pedagang daging agar berdagang lagi mulai hari ini, Jumat (22/1/2021).

Asosiasi Minta Pedagang Daging Kembali Berdagang Hari Ini
Tribunnews/Jeprima
Suasana area kios daging yang kosong karena tidak ada aktivitas perdagangan di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (20/1/2021). Para pedagang daging sapi di sejumlah pasar di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) menggelar aksi mogok jualan mulai Rabu hingga Jumat (22/1) sebagai bentuk protes kepada pemerintah atas tingginya harga daging sapi yang sudah berlangsung sejak akhir 2020. Saat ini harga daging sapi mencapai sekitar Rp 130 ribu per kilogram. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) mengimbau kepada pedagang daging agar berdagang lagi mulai hari ini, Jumat (22/1/2021).

Ketua Harian APDI Asnawi dalam suratnya menyampaikan ada dua hal yang menjadi dasar pedagang dapat kembali lagi berniaga.

"Hasil rapat koordinasi bersama pemerintah melalui Kementerian Perdagangan bahwa pemerintah akan mengambil sikap menstabilkan harga sapi potong di tingkat feedloter, RPH, dan harga daging pasaran," kata Asnawi.

"Kedua pemerintah serius akan memastikan kelancaran atau ketersediaan pasokan sapi potong dan daging untuk pedagang," lanjutnya.

Baca juga: Pedagang Daging Mogok Jualan, Penjual Bakso Tetap Produksi, Ini Triknya Agar Tetap Bisa Dagang

Baca juga: Daging Mahal dan Mogok Jualan, Lapak Pedagang Daging Sapi di Pasar Kranji Bekasi Kosong

Dari kedua hal tersebut, APDI juga sudah menerima informasi langsung dari Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri bahwa harga timbang karkas di RPH/TPH telah disepakati tidak lebih dari Rp94 ribu per kilogram setara dengan timbang hidup sapi Rp46 ribu - Rp47 ribu per kilogram.

Merespons permintaan pedagang daging se-Jabodetabek, pemerintah menjamin ketersediaan pasokan sapi dan daging.

Sebelumnya, beredar kabar pedagang daging sapi di Jabodetabek akan melakukan aksi mogok selama tiga hari mulai Rabu (20/1/2021).

Rencana ini tertuang pada surat edaran Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) bernomor 08/A/DPD-APDI/I/2021 karena dipicu tingginya harga daging sapi di pasaran sejak awal 2021.

Selama beberapa hari terakhir, harga daging sapi murni mencapai Rp 120 ribu per kg, padahal biasanya berkisar pada Rp 110 ribu hingga Rp 114 ribu per kg.

Sementara harga daging sapi bagian paha belakang mencapai Rp 126 ribu per kg selama beberapa hari terakhir, padahal harga biasanya mencapai lebih dari Rp 100 ribu per kg.

Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas