Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Crown Group: Orang Asing Bisa Dapatkan SHM Pembelian Unit Apartemen di Australia

Orang asing tetap akan mendapatkan jenis sertifikat yang sama dengan penduduk lokal, yaitu SHM yang berlaku seumur hidup dan dapat diwariskan

Crown Group: Orang Asing Bisa Dapatkan SHM Pembelian Unit Apartemen di Australia
dok. Crown Group
Manajer Penjualan Crown Group Indonesia, Reiza Arief 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Setiap orang asing yang memiliki apartemen di Australia akan mendapatkan sertifikat hak milik (SHM) atas unit apartemen yang dimiliknya.

Manajer Penjualan Crown Group Indonesia, Reiza Arief menyampaikan hal ini untuk menjawab beberapa pertanyaan yang muncul perihal legalitas kepemilikan apartemen di Australia.

“Banyak calon konsumen yang mempertanyakan hal ini kepada kami perihal pembeli asing di Australia, terutama ketika mereka memperbandingkan dengan pengalaman membeli unit apartemen di Indonesia,” ujarnya, Selasa (9/2/2021).

“Orang asing tetap akan mendapatkan jenis sertifikat yang sama dengan penduduk lokal, yaitu SHM yang berlaku seumur hidup dan dapat diwariskan,” ujar Reiza

Yang membedakan legalitas kepemilikan properti bagi orang asing di Australia dengan di Indonesia menurut Reiza adalah, di Australia hanya berlaku satu jenis sertifikat saja, yaitu Freehold certificate dan lahan di atas gedung akan dibagi dalam bentuk strata ke setiap unit.

“Sementara di Indonesia terdapat beberapa tipe sertifikat tergantung dari kepemilikan lahan gedung, dan strata hanya merupakan kepemilikan ruang unit dan tidak termasuk lahan dimana gedung itu berdiri," bebernya.

Baca juga: Crown Bukukan Transaksi Rp 65 Miliar untuk Proyek Apartemen Artis di Sydney

“SHM di Australia sendiri masih berbentuk fisik, walaupun sudah menggunakan sistem digital untuk penyimpanan data," tambahnya

Reiza Arief juga membeberkan lama waktu proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan SHM di Australia.

“Di Australia, biasanya 2 minggu sebelum jadwal serah terima unit sertifikat sudah keluar, dan serah terima unit tidak akan terjadi apabila sertifikat belum ada,” kata dia.

Halaman
123
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas