Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bandara Halim Perdanakusuma Siapkan 2 Mobil Pompa Air Antisipasi Banjir

Dengan adanya mobil pompa air ini untuk memastikan bandara agar bebas banjir saat curah hujan yang tinggi nantinya.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Bandara Halim Perdanakusuma Siapkan 2 Mobil Pompa Air Antisipasi Banjir
Tribunnews/JEPRIMA
Aktivitas calon penumpang saat menunggu keberangkatan pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (17/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsma Pnb TNI Nandang Sukarna menyebutkan, untuk mengantisipasi banjir di Bandara Halim Perdanakusuma pihaknya menyediakan mobil pompa air.

Menurutnya, dengan adanya mobil pompa air ini untuk memastikan bandara agar bebas banjir saat curah hujan yang tinggi nantinya. Mobil pompa tersebut sudah digunakan sejak 8 Februari 2021.




"Saat ini mobil pompa sudah digunakan untuk mendukung Bandara Halim Perdanakusuma bebas banjir," ujar Marsma dalam keterangan resminya, Sabtu (13/2/2021).

Ia juga menyampaikan, Bandara Halim Perdanakusuma juga menerapkan prosedur baru untuk mengantisipasi banjir seperti misalnya pengecekan khusus dilakukan di seluruh area ketika hujan turun lebih dari 1 jam.

Baca juga: Antisipasi Banjir, AP II Memperkuat Sistem Drainase di Bandara Halim Perdanakusuma

Baca juga: Viral Foto Pengungsi Banjir Kudus Shalat di Gereja, Netizen: Indahnya Toleransi di Negeriku

"Kemudian melakukan pembersihan sampah di area kolam penampung dan saluran drainase ditingkatkan, serta koordinasi berkelanjutan dengan tim Kementerian PUPR dan Lanud Halim Perdanakusuma terkait sistem drainase," kata Marsma Nandang.

Sementara itu menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, sejumlah persiapan dan perbaikan telah dilakukan oleh Angkasa Pura II agar banjir pada awal 2020 lalu di Bandara Halim Perdanakusuma tidak terulang kembali.

BERITA TERKAIT

"Kami melakukan antisipasi jangka panjang dan pendek agar Bandara Halim Perdanakusuma, tidak kembali banjir seperti tahun lalu," ucap Awaluddin.

Ia menjelaskan, saat ini sistem drainase di Bandara Halim Perdanakusuma sudah diperkuat dua kolam resapan air yang berada di sisi utara dan selatan.

"Kapasitas kolam resapan sudah ditingkatkan. Pada Januari - Februari 2020 selesai dilakukan pelebaran dan penambahan kolam penampung di sisi selatan," kata Awaluddin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas