Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Hingga Akhir Januari, Total Transaksi PaDi UMKM Tembus Rp 11,4 Triliun

PaDi UMKM adalah platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN guna mengoptimalkan, mempercepat dan mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN

Hingga Akhir Januari, Total Transaksi PaDi UMKM Tembus Rp 11,4 Triliun
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pahala Nugraha Mansury 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat total transaksi perusahaan negara di Pasar Digital Usaha Mikro Kecil Menengah (PaDi UMKM) mencapai angka Rp 11,4 triliun.

Sebagai informasi, PaDi UMKM adalah platform yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, kemudian dikembangkan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk,. yang berperan sebagai pengelola informasi terpusat dan layanan pemasaran business-to-business (B2B).

Sementara itu, delapan BUMN yakni Pembangunan Perumahan (PP), Waskita Karya, Wijaya Karya (Wika), Pupuk Indonesia, Pertamina, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM).

"Mulai dari Agustus 2020 sampai saat ini kami sudah melakukan sinergi melalui launching PaDi UMKM dan diawali oleh 9 BUMN. Di mana total transaksi yang dilakukan melalui PaDi UMKM sampai dengan Januari tahun 2021 sebesar Rp 11,4 triliun," jelas Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury dalam video conference, Senin (15/2/2021).

Menurutnya, pencapaian dalam kurun waktu 6 bulan merupakan hal yang cukup baik. Dan bila dilihat kedepan, potensi PaDi UMKM sangatlah besar.

Baca juga: Masih Bisa Diakses, Akses eform.bri.co.id/bpum, Segera Cek Status Penerima BLT UMKM Rp 2,4 Juta

Baca juga: Ketua DPD RI Minta Limbah Medis Pada Masa Pandemi Dikelola dengan Baik

"Ini tentunya merupakan satu hal yang baik. Namun tentunya masih merupakan bagian yang kecil dari potensi yang bisa dilakukan melalui inisiatif padi UMKM," kata Pahala.

PaDi UMKM merupakan platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN guna mengoptimalkan, mempercepat, dan mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM, serta memperluas dan mempermudah UMKM mendapatkan akses pembiayaan.

"Kemitraan antara BUMN dengan UMKM, tentunya menjadi semakin penting dan memiliki peran yang strategis untuk bisa ditingkatkan dalam satu ekosistem ekonomi yang saling mendukung dan saling menguntungkan," ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi membuka Pasar Digital (PaDi) UMKM Virtual Expo 2021, Senin (15/2/20121).

Hadirnya PaDi UMKM juga diharapkan mampu membai pemulihan ekonomi nasional yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas