Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Dubes RI Promosikan Kopi Indonesia di Korea Utara

Dubes RI dalam keterangannya mengatakan promosi kopi Indonesia tersebut merupakan yang pertama kali diadakan di Korea Utara.

Dubes RI Promosikan Kopi Indonesia di Korea Utara
istimewa
Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara), Berlian Napitupulu mengadakan Promosi Kopi Indonesia di Aula Pancasila, KBRI Pyongyang pada Jumat (19/02/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara), Berlian Napitupulu mengadakan Promosi Kopi Indonesia di Aula Pancasila, KBRI Pyongyang pada Jumat (19/02/2021).

Dubes RI dalam keterangannya mengatakan promosi kopi Indonesia tersebut merupakan yang pertama kali diadakan di Korea Utara.

Acara itu dihadiri para tamu kehormatan yaitu Duta Besar India, Kuba, Laos, Palestina, RRT, Rusia, Suriah, dan Viet Nam.

“Acara ini adalah tindak lanjut dari pembicaraan kami dengan beberapa teman Duta Besar tentang kopi Indonesia,” ujar Berlian Napitupulu mengutip keterangan KBRI Pyongyang, Senin (22/2/2021).

Baca juga: Banjir di Pemukiman Warga Cipinang Melayu Ditargetkan Surut Siang Ini

Dubes Berlian Napitupulu mempresentasikan secara singkat sejarah, daerah penghasil kopi, keunikan rasa, kapasitas produksi, ekspor dan posisi produksi kopi Indonesia di dunia.

Dubes Berlian menjelaskan bahwa sejarah kopi di Indonesia telah dimulai pada 1699 ketika perusahaan Belanda Verininging Ogst-Indische Companij (VOC) membudidayakan kopi di sekitar Batavia kemudian meluas ke berbagai wilayah di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Indonesia merupakan negara pertama di luar negara-negara Arab dan Ethiopia yang membudidayakan kopi, bahkan VOC sempat menguasai perdagangan kopi dunia pada tahun 1725-1780.

Baca juga: HUT ke-33, Aktor Korea Kim Soo Hyun Dapat Hadiah Roma Kelapa, Fans Indonesia Heboh

“Sebenarnya kami merencanakan untuk mengundang Barista profesional untuk menyajikan kopi Indonesia. Namun karena lockdown, maka kami gunakan kesempatan ini untuk mempresentasikan kopi asli Indonesia mumpung para Duta Besar masih berada di Pyongyang," katanya

Pada tahun 2019 Indonesia merupakan negara ke-4 terbesar penghasil kopi di dunia setelah Brazil, Viet Nam dan Kolombia dengan total 761.100 ton.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas