Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Butuh Dukungan agar Perempuan Dapat Mulai Berbisnis dan Jadi Pemimpin

Saat pandemi terjadi penurunan kondisi ekonomi dapat mempengaruhi bisnis dan UKM, termasuk yang dikelola perempuan

Butuh Dukungan agar Perempuan Dapat Mulai Berbisnis dan Jadi Pemimpin
WARTAKOTA/Nur Ichsan
Sejumlah warga mengikuti Gelar UMKM di Kelurahan Sangiang Jaya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Jumat (5/2/2021). Kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke- 28 Kota Tangerang ini bertujuan untuk membangkitkan kembali gairah pelaku UMKM di tengah masa pandemi ini agar roda perekonomian mereka bisa tetap berputar. (WARTAKOTA/Nur Ichsan) *** Local Caption *** 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini, terdapat sekitar 22 juta dari total 85 juta perempuan Indonesia yang aktif dalam berbagai kegiatan wirausaha.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap peran pemimpin perempuan dalam bisnis.

Namun, masih banyak perempuan yang membutuhkan dukungan agar dapat memulai bisnis, menjadi pemimpin, serta membangun dampak sosial dan lingkungan positif melalui usaha mereka.

Terlebih, penurunan kondisi ekonomi dapat mempengaruhi bisnis dan UKM, termasuk yang dikelola perempuan.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menyatakan, perempuan memiliki peranan besar di masyarakat, mulai dari menjaga kesehatan anak dan keluarga, hingga berkarya melalui pekerjaan atau usahanya.

"Untuk itu, dibutuhkan program pemberdayaan perempuan yang dapat membantu mereka untuk beradaptasi hingga mampu menjadi pemimpin dan pembawa perubahan bagi lingkungannya,” kata Vera di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Guru Besar UI Soroti Pentingnya Kolaborasi Lembaga Keuangan Tingkatkan Bisnis UMKM & Ultra Mikro

Danone Indonesia berkomitmen untuk terus berupaya mendukung dan menginisiasi program-program pemberdayaan perempuan, salah satunya dengan kerja sama melalui Stellar Women Entrepreneurship Academy.

Inisiatif tersebut juga merupakan perwujudan dari salah satu visi Sustainable Development Goals pada sektor Kesetaraan Gender yang dicanangkan oleh pemerintah,” kata Vera.

Senada, Head of Programmes UN Women Indonesia, Dwi Yuliawati Faiz, menyatakan bahwa peran perempuan sangat penting bagi pemulihan perekonomian yang saat ini terpuruk akibat pandemi Covid- 19, terutama di bidang usaha.

“Akan tetapi harus diakui bahwa kepemimpinan perempuan di dunia usaha, bahkan sebelum pandemi, masih memiliki tantangan," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas