Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Hari Pertama Implementasi Layanan GeNose C19 di Bandara: Lancar, Tapi Ada Yang Terdeteksi Positif

Namun pada implementasi tersebut, didapati 23 calon penumpang yang hasil pemeriksaan GeNose-nya positif.

Hari Pertama Implementasi Layanan GeNose C19 di Bandara: Lancar, Tapi Ada Yang Terdeteksi Positif
Surya/Ahmad Zaimul Haq
PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan simulasi penggunaan alat deteksi Covid-19, GeNose C19 di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021). Uji coba kepada 150 orang karyawan Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Juanda dan komunitas bandara di lobby Gedung Terminal Baru, di sisi timur Terminal 1 itu sebagai persiapan penggunaan GeNose C19 yang rencananya akan mulai diterapkan pada 1 April mendatang. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

Laporan Wartawan Tribunnews, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Angkasa Pura I memastikan implementasi penggunaan alat GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo dan Bandara Juanda Surabaya berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukkan.

Diketahui, pada Kamis (1/4/2021) merupakan hari pertama operasional penggunaan alat skrining Covid-19 yakni GeNose C19, di sejumlah fasilitas transportasi publik.

Baca juga: Draft Aturan Transportasi Mudik Lebaran Selesai Dibuat, Tinggal Tunggu SE Gugus Tugas Covid-19

"Penerapanan layanan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo dan Bandara Juanda Surabaya pada hari pertama ini berjalan lancar," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi dalam keterangannya, Jumat (2/4/2021)

Pada hari pertama penerapan layanan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) yang mengoperasikan 5 mesin GeNose, terdapat 289 calon penumpang yang diperiksa.

Baca juga: Update Covid-19 Global 2 April 2021: Total Kasus Seluruh Dunia Tembus 130 Juta, 2,8 Juta Meninggal

Namun pada implementasi tersebut, didapati 23 calon penumpang yang hasil pemeriksaan GeNose-nya positif.

Penumpang dengan hasil pemeriksaan positif langsung diarahkan untuk melakukan tes PCR lanjutan di rumah sakit atau melakukan isolasi mandiri.

Sementara itu, di Bandara Juanda Surabaya yang mengoperasikan 7 mesin Genose, terdapat 334 calon penumpang yang diperiksa menggunakan GeNose C-19 pada 1 April, di mana hasll pemeriksaan 54 calon penumpang didapati positif.

Baca juga: Draft Aturan Transportasi Mudik Lebaran Selesai Dibuat, Tinggal Tunggu SE Gugus Tugas Covid-19

Calon penumpang yang positif tersebut, juga langsung diarahkan untuk melakukan tes PCR atau melakukan isolasi mandiri.

"Kami menghimbau kepada calon penumpang yang ingin menggunakan layanan GeNose C-19 untuk melakukan pendaftaran sebelum hari pelaksanaan tes melalui aplikasi Farmalab atau melalui website rapid.apsupports.com,” ucap Faik.

“Hal tersebut agar dapat mempercepat antrean pendaftaran dan mengantisipasi terjadinya penumpukkan antrean," pungkasnya.

Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas