Tribun Bisnis

Cuaca Ekstrem di Indonesia Timur

Jaringan Fiber Optic Putus Akibat Longsor, Telkom Indonesia Kirim Teknisi ke NTT

Telkom Indonesia mengkonfirmasi bahwa layanan di beberapa wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalami gangguan

Editor: Sanusi
Jaringan Fiber Optic Putus Akibat Longsor, Telkom Indonesia Kirim Teknisi ke NTT
(POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA)
Banjir bandang menerjang wilayah Waiwerang di Pulau Adonara Kabupeten Flores Timur pada Sabtu 3 April 2021. Flotim menjadi salah satu wilayah terparah akibat badai siklon tropis yang melanda NTT kali ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Telkom Indonesia mengkonfirmasi bahwa layanan di beberapa wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalami gangguan pada 7 April 2021 mulai pukul 05.09 WIB.

Hal ini terjadi akibat putusnya jaringan fiber optic ruas Maumere – Larantuka, menyusul sebelumnya hal yang sama terjadi pada ruas fiber optic Kupang – Soe akibat bencana longsor dan jembatan putus sehubungan dengan kondisi cuaca ekstrem.

Baca juga: Sapa Aceh, Telkom Perkuat IndiHome sebagai Internetnya Indonesia

Seperti dikutip dalam keterangan Telkom Indonesia, daerah yang terdampak gangguan layanan di antaranya Atambua, Soe, Larantuka, dan Kalabahi.

Sementara untuk layanan TelkomGroup di wilayah Kupang terpantau aman dan berjalan normal.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan atas terganggunya layanan TelkomGroup di sebagian wilayah NTT.

Baca juga: Pascabadai Siklon, Telkomsel Upayakan Pemulihan Jaringan di Wilayah NTT

“Saat ini kami telah mengirimkan teknisi ke lokasi jaringan yang terdampak bencana longsor untuk segera dapat dilakukan perbaikan," jelas Pujo dalam keterangannya, Rabu (7/4/2021).

"Namun mengingat kondisi medan yang cukup sulit dijangkau akibat jembatan putus dan kondisi jaringan yang terdampak, sehingga membutuhkan waktu untuk perbaikan," lanjutnya.

Pujo menambahkan, pihaknya juga mengirimkan bantuan teknisi dari Denpasar untuk mempercepat perbaikan jaringan agar segera kembali normal.

Telkom memastikan akan terus memonitor proses perbaikan layanan dan menyiagakan teknisi untuk mengamankan layanan di wilayah NTT lainnya.

“Kami juga tengah menyiapkan jalur alternatif sementara untuk mempercepat layanan dapat pulih kembali. Telkom turut berduka atas kondisi yang terjadi di NTT," pungkas Pujo Pramono.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas