Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ramadan Segera Tiba, Simak Tips Jualan Online Bagi Pelaku UMKM Biar Makin Cuan!

Meningkatnya kebutuhan dan perubahan pola konsumsi masyarakat di bulan Ramadan menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan

Ramadan Segera Tiba, Simak Tips Jualan Online Bagi Pelaku UMKM Biar Makin Cuan!
Shutterstock
Ilustrasi pelaku UMKM 

TRIBUNNEWS.COM - Di bulan Ramadan, tak sedikit masyarakat muslim di Indonesia yang sibuk memenuhi beragam kebutuhan tertentu hingga hari raya Idulfitri mendatang. Mulai dari bahan makanan, hantaran untuk keluarga, hingga persiapan baju lebaran.

Meningkatnya kebutuhan dan perubahan pola konsumsi masyarakat di bulan Ramadan menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan, salah satunya dengan turut menyediakan kebutuhan masyarakat.

Belum lagi, adanya digitalisasi para pelaku UMKM yang kian meningkat, seperti berjualan melalui e-commerce, turut mempermudah masyarakat memenuhi keperluannya. Dapat diprediksi, aktivitas berbelanja online juga akan turut meningkat di momen Ramadan ini.

Baca juga: Fans Ikatan Cinta Merapat! AL & Andin Siap Berikan Kejutan di Shopee 4.4 Mega Shopping Day TV Show

Maka itu, sebagai pelaku UMKM masa kini, tentu kamu bisa meraih keuntungan yang maksimal di bulan penuh berkah ini. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan penjualan produk.

Perhatikan permintaan dan perilaku konsumen

Saat menjelang Ramadan, cobalah perhatikan bagaimana perilaku belanja serta apa saja produk yang mungkin akan banyak dibutuhkan dan dicari masyarakat.

Laporan hasil survei NeuroSensum Annual Ramadan Spending Tracker 2021 menunjukkan, mayoritas masyarakat sudah mulai merencanakan belanja Lebaran 2021 sejak Maret 2021. Sekitar 41 persen konsumen berbelanja satu bulan sebelum Ramadhan, yaitu untuk barang keperluan sehari-hari dan produk fesyen.

Dengan begitu, kamu juga bisa menyesuaikan produk jualan agar bisa laris maksimal di bulan Ramadan.

Baca juga: Bantu Cetak 500 Ribu Produk Eskpor, Shopee dan Sekolah Ekspor Bina UMKM Agar Masuk Pasar Global

Siapkan promo khusus Ramadhan

Siapa sih yang tidak suka sale, diskon, dan berbagai promo? Maka itu, memberi penawaran khusus Ramadan menjadi hal yang turut mendorong meningkatkan penjualan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas