Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

KKP – YKAN Kerja Sama Dukung Pengelolaan Perikanan Tangkap dan Kesejahteraan Nelayan

Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris DJPT KKP Yuliadi dengan Direktur Program Kelautan YKAN Muhammad Ilman di Bandung.

KKP – YKAN Kerja Sama Dukung Pengelolaan Perikanan Tangkap dan Kesejahteraan Nelayan
istimewa
Sekretaris DJPT KKP Yuliadi dan Direktur Program Kelautan YKAN Muhammad Ilman melakukan penandatanganan kerja sama Dukungan Pengelolaan Perikanan Tangkap Berkelanjutan (7/4).

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) lewat Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) melakukan kerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) untuk mendukung pengelolaan perikanan tangkap dan kesejahteraan nelayan pada Rabu (7/4/2021).

Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris DJPT KKP Yuliadi dengan Direktur Program Kelautan YKAN Muhammad Ilman di Bandung.

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono mengatakan perikanan tangkap Indonesia dicirikan oleh kondisi multispesies, multi habitat, multi-stakeholder, dan multi alat tangkap. Karena itu, sinergi, kerja sama, dan kolaborasi adalah sebuah keharusan,

Baca juga: Tangkapan Ikan Melimpah, Perahu Nelayan Situbondo Malah Tenggelam, 12 ABK Berhasil Selamat

“Begitu beragam kekuatan kita, begitu beragam pula tantangan sekaligus peluang yang ada, bekerja bersama dalam satu harmoni adalah prasyarat mutlak jika ingin sektor kelautan dan perikanan yang kita cintai ini melaju pesat,” kata Menteri KKP.

Sebagai negara kepulauan dengan luas perairan yang mencapai 70% dari total wilayah dengan kekayaan hayati laut yang melimpah, maka sektor kelautan dan perikanan menjadi sangat penting bagi Indonesia.

Direktur Program Kelautan YKAN Muhammad Ilman berujar kesepakatan bersama ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam upaya pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan.

Baca juga: Ketua Umum Aspeksindo Dorong Peningkatan Teknologi Bagi Nelayan Indonesia

Perjanjian kerja sama ini merupakan turunan dari Kesepakatan Bersama antara KKP dengan YKAN Nomor 01/SJ-KKP/KB/III/2021 dan Nomor 096/LTR/YKAN/JKT/ED/III/2021 tentang Dukungan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan yang Berkelanjutan.

“Terutama dalam bidang pengelolaan ruang laut, perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengembangan sistem ketertelusuran dan jaminan mutu hasil perikanan, serta kajian sumber daya pesisir dan laut, serta sumber daya manusia” kata Ilham.

Manajer Senior Perikanan Berkelanjutan YKAN Glaudy Perdanahardja mengatakan program kerja sama perikanan tangkap yang dilakukan oleh YKAN dan KKP berfokus pada upaya tercapainya pengelolaan yang lestari perikanan kakap dan kerapu laut dalam dan perikanan tuna di perairan kepulauan.

Baca juga: KKP Jadikan Suak Gual Sebagai Percontohan Kampung Nelayan Maju

Sistem praktis pendataan ikan yang dilakukan oleh nelayan yang dikembangakn YKAN salah satunya Crew Operating Data Recording System (CODRS).

Adapula sistem informasi dan teknologi (e-BRPL) untuk memantau stok ikan kakap, kerapu, dan tuna secara waktu nyata (real time), serta dukungan pengembangan kebijakan pemanfaatan ikan secara berkelanjutan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia 713, 714, dan 715.

Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas