Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bagai Nakula dan Sadewa, Kolaborasi Indonesia-Jerman di Hannover Messe 2021 Bisa Perkuat Industri

Indonesia menjadi negara ASEAN pertama yang menjadi official partner country Hannover Messe 2021: Digital Edition.

Bagai Nakula dan Sadewa, Kolaborasi Indonesia-Jerman di Hannover Messe 2021 Bisa Perkuat Industri
dok. Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia menjadi negara ASEAN pertama yang menjadi official partner country Hannover Messe 2021: Digital Edition.

Pameran teknologi dan industri ini akan digelar pada 12-16 April 2021 secara online, usai pada 2020 lalu batal dihelat akibat pandemi.

Peluang strategis ini tak lepas dari kerja sama yang terjalin antara Indonesia dengan Jerman.

Baca juga: Hannover Messe 2021, Kesempatan Indonesia Tarik Minat Global

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengibaratkan Indonesia dan Jerman sebagai tokoh kembar pewayangan Nakula-Sadewa dalam pelaksanaan Hannover Messe 2021: Digital Edition ini.

"Kedua tokoh tersebut mencerminkan kekembaran kedua negara, Indonesia dan Jerman, yang aktif menjalin kerja sama erat dan komprehensif. Karakter ini juga menyimbolkan kerja sama yang sangat baik. Mereka juga merupakan karakter berintelektual tinggi, dan yang tidak kalah penting, andal di bidangnya (mahir memanah)," tutur Agus, Sabtu (10/4/2021).

Baca juga: Jokowi dan Angela Merkel akan Buka Hannover Messe 2021

Agus optimistis, penguatan sinergi Indonesia dan Jerman, khususnya di sektor industri, akan memacu pemulihan ekonomi nasional saat ini di tengah dampak pandemi Covid-19.

"Kolaborasi kedua negara ini salah satunya diwujudkan melalui pelaksanaan Hannover Messe sebagai ajang pameran teknologi industri ternama di dunia," ungkapnya.

Sementara itu, pada tahun 2023 nanti, Indonesia kembali dipercaya menjadi official partner country pada perhelatan tersebut.

Harapannya, kondisi pada 2023 sudah kembali seperti semula sehingga pameran bisa diselenggarakan di Hannover, Jerman.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman Angela Merkel akan meresmikan secara live pada pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, tanggal 12 April 2021.

Dalam rangkaian acara pembukaan tersebut, juga akan dilaksanakan Penandatangan Joint Declaration of Intent between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Federal Republic of Germany on Bilateral Dialogue regarding Quality Infrastructure (JDoI Infrastruktur Mutu).

"Kami berharap, kerja sama ini dapat semakin memperlancar hubungan ekonomi antara kedua negara dan mengurangi hambatan-hambatan teknis yang selama ini dihadapi," kata Menperin.

Ikuti kami di
Penulis: Lita febriani
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas