Tribun Bisnis

Fokus Sport Tourism, Banten West Java Gelar Kejurnas Sprint Rally Tropical Tanjung Lesung 2021

banten west java menyelenggarakan Kejurnas Sprint Rally Lintas Fortuna Nusantara Tropical 2021 putaran pertama di Sirkuit Badak

Editor: Sanusi
Fokus Sport Tourism, Banten West Java Gelar Kejurnas Sprint Rally Tropical Tanjung Lesung 2021
ist
Komitmen Jadi Sport Tourism Unggulan, Banten West Java Gelar Kejurnas Sprint Rally Tropical Tanjung Lesung 2021 

TRIBUNNEWS.COM, BANTEN - Banten West Java selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung menunjukan komitmennya yang kuat dalam menjadikan KEK Tanjung Lesung sebagai destinasi wisata berbasis petualangan alam.

Hal itu ia tunjukkan dengan keberhasilannya menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally Lintas Fortuna Nusantara Tropical 2021 putaran pertama di Sirkuit Badak Tanjung Lesung, Banten, dari Sabtu (10/4/2021) hingga Minggu (10/4/2021).

Ya, meski sedang dalam masa pandemi, tak menyurutkan penyelenggaran kejuaraan balap untuk mengasah kemampuan para pembalap. Tercatat 180 pembalap plus navigator dengan 95 mobil balap ikut berpartisipasi dalam kejurnas ini.

Baca juga: Bamsoet Buka Kejuarnas Seri-1 Sprint Rally Tropical Tanjung Lesung Banten 2021

Tak tanggung-tanggung semua para pembalap legendaris turun gunung, seperti Rifat Sungkar, Dolly Indra Nasution, Chepot Hani Wiano hingga Fitra Eri.

Terpenting dari itu, ialah event mampu mendongkrak perekonomian sekitar dan juga dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga menjamin keamanan bagi pembalap dan panitia yang terlibat.

Di mana digelar tanpa penonton, dan para pembalap dan crew diwajibkan melakukan test swab antigen terlebih dahulu.

Akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan terhentinya aktivitas pariwisata, turut menyebabkan penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Banten. Dari tahun-tahun sebelumnya bisa menembus Rp 8 triliun, menjadi hanya Rp 7,88 triliun pada tahun 2020. Sementara kebutuhan APBD Banten di 2020 mencapai Rp 13,21 triliun.

"Kehadiran Sirkuit Badak yang menyelenggarakan 3 putaran Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021 akan turut berkontribusi dalam peningkatan PAD Banten. Sehingga di tahun 2021 ini bisa kembali menembus Rp 8 triliun, memenuhi kebutuhan APBD Banten 2021 yang mencapai Rp 16,15 triliun," terang Bambang Soesatyo selaku Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) usai pembukaan Kejuaraan Nasional Sprint Rally Lintas Fortuna Nusantara Tropical 2021, di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, Minggu (11/4/2021).

Ia pun mengaku optimis bahwa KEK Tanjung Lesung bisa menjadi destinasi wisata yang dikenal akan sport tourism-nya.

Hal itu karena lokasi Sirkuit Badak yang berada di pinggir pantai Tanjung Lesung serta didukung pemandangan alami yang indah, dan medan yang beragam, mulai dari jalan berkerikil (gravel), aspal, sampai berpasir. Sehingga menjadikan Sirkuit Badak menjadi salah satu sirkuit sprint rally terbaik di Indonesia.

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas