Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kepulauan Riau Terima Wisman, PLN Batam Apresiasi Menparekraf

Rizal mengatakan, dengan dibukannya Kepri bagi wisman, akan kembali menggairahkan industri pariwisata di wilayah itu.

Kepulauan Riau Terima Wisman, PLN Batam Apresiasi Menparekraf
istimewa
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan kesiapan kawasan wisata Nongsa Kota Batam dan kawasan wisata Lagoi Bintan untuk menerima kedatangan wisatawan luar negeri, pekan ini.

Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo mengapresiasi langka tersebut. “PT PLN Batam tentu sangat mengapresiasi kebijakan ini. Sebab perlahan-lahan permintaan listrik akan kembali pulih di Batam dan Kepri secara umum,” ujar Rizal dalam keteranganannya di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Rizal mengatakan, akibat COVID-19, penjualan listrik di wilayah ini utamanya untuk segmen komersil dan bisnis sempat anjlok. Namun dengan kerja keras karyawan dan manajemen PLN Batam, secara keseluruhan kinerja operasional dan keuangan perseroan terselamatkan bahkan masih melampaui target.

Baca juga: Kunjungan Wisman ke Indonesia Anjlok 88,08 Persen

Dikatakannya, beberapa capaian target atau KPI (key performance indicator) berhasil diraih PLN Batam pada 2020 lalu. Salah satunya adalah realisasi penjualan tenaga listrik sistem Batam sebesar 2.443.268 MWh atau 101,27% dari target RKAP 2.412.500 MWh, serta memberikan program stimulus Covid-19 tanpa subsidi dari pemerintah.

Rizal mengatakan, dengan dibukannya Kepri bagi wisman, akan kembali menggairahkan industri pariwisata di wilayah itu. “Kita tunggu saja, mal-mal, hotel-hotel, pusat belanja, kuliner, akan hidup kembali. Demand listrik akan meningkat lagi. Backbone ekonomi Kepri kan di pariwisata dan manufaktur,” ucap dia.

Sebab itu, ucap dia, tugas PLN Batam adalah menjaga keandalan pelayanan listrik ke depan. “Kita akan mempercepat pembangunan tapak tower jaringan transmisi di Batu Besar di Nongsa, kita kasih target direksi akan selesaikan September. Lebih cepat lebih baik,” ucap Rizal.

Baca juga: BPS: Separuh Lebih Wisman ke Indonesia Berasal dari Timor Leste

Apalagi di wilayah Nongsa ini akan menjadi salah satu basis industri kreatif terbesar di Asia Tenggara. “Di sana akan dibangun pusat film digital terbesar se Asia Tenggara. Ini kolaborasi antara Sinar Mas dan Singapore. Akan ada studio-studi movie, perkantoran, hotel, dan sebagainnya yang akan menarik tenaga-tenaga muda kreatif. Tugas PLN Batam membantu industri ini,” ucap Rizal yang juga Komite Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal ini.

Sebelumnya Sandiaga melakukan kunjungan ke Batam untuk melihat dari dekat kesiapan Nongsa dan Lagoi dalam rencana menerima turis luar negeri 21 April besok.

"Saya juga ingin memastikan pelaksanaan STCA sesuai standar yang telah ditetapkan secar ketat dan disiplin tinggi," katanya dalam rapat koordinasi Safe Travel Corridor Arrangement (STCA) atau Pengaturan Koridor Perjalanan yang Aman pada dua zona yang akan dibuka, Batam dan Bintan dengan konsep travel bubble, di Hotel Batam View Beach Resort Batam.

Dalam kesempatan itu, Sandi memuji gerak cepat Kepri dalam mempersiapkan diri menyambut kedatangan wisatawan luar negeri. Gerak cepat ini bahkan mengungguli Bali.

Bila tidak ada halangan kunjungan wisman ini dibuka pada 21 April depan. Bali sendiri sesuai arahan Presiden baru akan mulai dibuka untuk kunjungan wisman pada Juni atau Juli 2021 mendatang. Selain itu, Sandi mengingatkan untuk tegas dan disiplin dalam menjaga COVID-19 yang sudah menurun bahkan sudah bisa disebut hampir memasuki zona hijau.(*)

Ikuti kami di
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas