Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Lebaran 2021

Penerbangan Charter Dilarang, Komisi V DPR : Terkesan Lamban Tapi Layak Diapresiasi

Larangan penerbangan charter juga berlaku untuk penerbangan internasional selama periode Larangan Mudik.

Penerbangan Charter Dilarang, Komisi V DPR : Terkesan Lamban Tapi Layak Diapresiasi
Tribunnews.com/Dahlan Dahi
Sejumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta kebingungan dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan penumpang pesawat melakukan tes antigen. Suasana di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (19/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR Irwan mengapresiasi kebijakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang akhirnya melarang penerbangan carter selama periode larangan mudik 2021.

"Walau terkesan lamban dan tergantung respon publik yang resisten terhadap carter pesawat dari warga negara asing ke Indonesia, tetapi tentu ini bentuk kebijakan pemerintah yang layak di apresiasi," kata Irwan saat dihubungi, Selasa (11/5/2021).

Menurutnya, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan Kemenhub yaitu mengawasi pelaksanaan kebijakan tersebut, agar benar-benar diterapkan di lapangan. 

"Kemenhub selaku regulator harus berani bertindak tegas, jika terdapat maskapai pesawat yang melanggar kebijakan tersebut," papar Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu. 

Baca juga: WNA Asal China Masuk Indonesia, Komisi IX: Wajib Karantina 14 Hari

Tindakan tegas bagi pelanggar, kata Irwan, sangat diperlukan pada saat ini untuk membuktikan kebijakan pemerintah itu adil terhadap rakyat sendiri. 

Baca juga: Warga China Masuk Indonesia Saat Masyarakat Dilarangan Mudik, Politikus Nasdem: Ini Tidak Adil

"Jangan rakyat sendiri dihalangi mudik tetapi warga negara asing bebas keluar masuk Indonesia dengan alasan yang terkesan dipaksakan, dan kontradiktif dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah," ujarnya. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memutuskan untuk melarang semua penerbangan carter selama larangan mudik Lebaran 2021.

Ini berarti semua penerbangan sewa tak bisa beroperasi pada 6-17 Mei 2021. Sebelumnya, penerbangan carter sempat diizinkan oleh Kemenhub agar beroperasi secara terbatas.

"Berkaitan dengan penggunaan pesawat udara, tadi sudah disetujui tidak ada lagi penerbangan carter selama masa peniadaan mudik," kata Budi dalam konferensi pers, Senin (10/5/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas