Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Lebaran 2021

Menhub: Pengendalian Transportasi Sektor Darat Memiliki Tantangan yang Lebih Besar

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan pada tanggal yang sama

Menhub: Pengendalian Transportasi Sektor Darat Memiliki Tantangan yang Lebih Besar
HO/Kementerian Perhubungan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai, tantangan pengendalian transportasi di sektor darat pada larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021 lebih besar.

Menurutnya, pengendalian transportasi selama larangan mudik Lebaran 2021 pada sektor darat memiliki tantangan yang besar dibandingkan dengan moda transportasi lain.

"Hal ini karena potensi masyarakat yang ingin mudik menggunakan transportasi darat tinggi sekali, terlebih lagi yang menggunakan sepeda motor," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Kamis (13/5/2021).

Budi juga mengungkapkan, effort yang dilakukan petugas lapangan di titik penyekatan lebih besar dan menjadi hal yang luar biasa.

Baca juga: Cerita Bagus Rela 2 Tahun Tak Mudik: Pasti Rindu Keluarga, Tapi Saya Harus Dukung Pemerintah

"Kesabaran petugas dalam menangani masyarakat yang melakukan perjalanan tentunya sangat dikedepankan, dan sudah dilakukan dengan baik," kata Budi.

Selain itu Budi Karya juga mengapresiasi, sinergi yang dilakukan petugas di lapangan mulai dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, KKP, Satgas Covid-19, dan unsur terkait lainnya yang mensukseskan kebijakan larangan mudik Lebaran 2021.

Kemudian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memprediksi akan terjadi peningkatan pergerakan masyarakat, pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Terkait hal tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan pada tanggal yang sama.

Baca juga: POPULER REGIONAL 4 Pria Bunuh Anggota Keluarga | Video Viral Bocah Ditinggal Baby Sitter Mudik

Menurutnya, pada H+2 Hari Raya Idul Fitri 1442 H akan menjadi titik konsentrasi masyarakat melakukan pergerakan untuk melakukan perjalanan.

"Maka dari itu, saya mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pergerakan bersamaan pada tanggal yang sama karena akan menimbulkan kepadatan lalu lintas," ucap Budi.

Dalam mengantisipasi hal tersebut, lanjut Budi, Kemenhub menyiapkan petugas yang siaga di lapangan terutama di titik penyekatan selama kebijakan larangan mudik Lebaran 2021 berlangsung.

"Potensi pergerakan masyarakat pascaLebaran ini cukup tinggi, maka dari itu saya meminta petugas agar tetap menjaga konsistensinya untuk bertugas menjaga titik penyekatan," ucap Budi.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas