Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Order Ojek Online Sulit Saat Libur Lebaran? Ini Penyebabnya

Ojol tak mau narik karena bonus yang mereka dapatkan saat libur lebaran berkurang sehingga lebih memilih membawa orderan penumpang non aplikasi

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Order Ojek Online Sulit Saat Libur Lebaran? Ini Penyebabnya
dok Tribunnews.com
Igun Wicaksono 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kemudahan memesan transportasi online melalui aplikasi di ponsel membuat masyarakat sangat terbantu untuk bepergian.

Terutama dalam momen libur Idul Fitri, biasanya dalam tiga hari ke depan pemesanan ojek online masih diandalkan masyarakat untuk bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga.

Namun, sejak pandemi Covid-19 melanda orderan untuk mengangkut penumpang oleh ojol menurun drastis tak terkecuali saat momen lebaran.

Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono mengungkapkan penyebab sulitnya masyarakat mendapatkan driver ojek online saat masa libur lebaran.

Menurut Igun, para pengemudi ojek online saat ini lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah saat Idulfitri 1442 H.

Baca juga: Pengelola Ragunan: Pengunjung yang Sudah Daftar Tiket Secara Online Bisa Daftar Ulang Hari Selasa

Faktor yang menyebabkan ojol tak mau narik karena bonus yang mereka dapatkan saat libur lebaran berkurang sehingga para pengemudi ojol lebih memilih membawa orderan penumpang non aplikasi.

BERITA TERKAIT

“Faktor utamanya adalah teman-teman ojek online ini lebih memilih untuk bersama dengan keluarganya masing-masing, karena memang di hari raya skema poin atau bonus berkurang.

Karena keluhan-keluhan itu pula teman-teman ojek online lebih memilih  berkumpul bersama keluarga dibandingkan mencari order atau narik di jalanan,” kata Igun, Sabtu (15/5/2021).

Igun menilai hal tersebut sangatlah wajar karena biasanya di momen libur seperti ini perusahaan atau aplikator memberikan bonus yang lebih besar.

Namun, bonus menjadi pertimbangan bagi para pengemudi ojol untuk mengambil order saat libur hari raya, di kala sebelum pandemi Covid-19.

Baca juga: Pengamat: Telkomsel Beruntung Investasi di Gojek Sebelum IPO

“Itu yang diharapkan para rekan ojol sehingga mereka punya pertimbangan bahwa dengan bonus apa adanya sekarang dan tidak ada penambahan menjelang hari raya atau bonus khusus selama hari raya,” tambahnya.

Atas keluhan itu, Igun berharap agar pemerintah mengeluarkan program bantuan untuk para pekerja sektor informal seperti pengemudi ojek online.

Sementara di sisi perusahaan, Igun berharap akan ada peningkatan kesejahteraan pengemudi ojol terutama terkait skema insentif atau bonus khususnya pada hari raya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas