Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Penggunaan Analitik dalam Alur Bisnis Bikin Perusahaan di Aspac dan Jepang Lebih Percaya Diri

Penggunaan analitik semakin menjadi faktor pembeda di antara perusahaan ketika dunia usaha di kawasan Aspac dan Jepang memfokuskan pada pertumbuhan

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Penggunaan Analitik dalam Alur Bisnis Bikin Perusahaan di Aspac dan Jepang Lebih Percaya Diri
Performance G2
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tableau menggelar event virtual Tableau Live Asia Pacific edisi kedua yang  mempertemukan para data enthusiasts, mitra, dan pelanggan dari Asia Pasifik (Aspac) untuk mendiskusikan bagaimana analitik dapat membantu berbagai organisasi/perusahaan untuk meningkatkan pemberdayaan dan kelincahan (agility) yang mereka butuhkan pada saat ini.

JY Pook, Senior Vice President & General Manager, Asia Pacific & Japan, Tableau mengatakan, tak diragukan lagi saat ini agility dan peran data sangat membantu perusahaan-perusahaan mendapatkan kompetensi.

"Penggunaan analitik akan semakin menjadi faktor pembeda di antara perusahaan ketika dunia usaha di kawasan Asia Pasifik dan Jepang (APJ) memfokuskan pada pertumbuhan," kata JY Pook dalam keterangannya, Selasa (18/5/2021).

Dengan menempatkan analitik di dalam alur bisnis dan di tangan semua karyawan, perusahaan-perusahaan di APJ akan semakin percaya diri dalam memimpin dengan insight dan keputusan yang lebih cerdas.

Baca juga: Gunakan Analitik CCTV, Genangan di Simpang Lima Kering Dalam 2 Jam

Event virtual Tableau Live Asia Pacific edisi kedua ini mempertemukan para data enthusiasts, mitra, dan pelanggan dari Asia Pasifik untuk mendiskusikan bagaimana analitik dapat membantu berbagai organisasi/perusahaan untuk meningkatkan pemberdayaan dan kelincahan  yang mereka butuhkan pada saat ini.

Baca juga: GWC Teken Project Analitik Data dan Tekfin Bernilai Jutaan Dolar AS dengan Perusahaan Afsel

Event ini menghadirkan jajaran eksekutif kelas dunia, seperti Mark Nelson, President dan CEO Tableau, yang berbagi visinya bagi perusahaan dan bagaimana data dapat mendorong hasil bisnis (outcome) yang lebih baik di dunia.

BERITA TERKAIT

JY Pook dan Ashwin Sinha, Chief Data Officer, Macquarie Bank, tampil di panggung dalam diskusi hangat tentang bagaimana bank yang ikonik itu melakukan perubahan yang signifikan dalam penanganan data untuk memberikan pengalaman yang lebih personal kepada para nasabahnya.

Para pelanggan Tableau di kawasan APJ, termasuk Agoda, Tokopedia, Mahindra Finance, Bank Rakyat Indonesia, dan the Department of Disease Control (Thailand), berbicara dalam breakout sessions dan panel Data Discussion.

Mereka membicarakan tema-tema penting seperti transformasi data di industri retail dan jasa keuangan, masa depan analitik, dan unsur pokok dalam budaya data yang kuat.

"Sebagai sebuah perusahaan teknologi, Tokopedia membangun masa depan perdagangan dan data adalah kunci untuk memahami apa yang mendorong pebelanja memutuskan untuk membeli," kata Charlie Tjandra, Head of Data Analytics, Tokopedia.

"Bekerjasama dengan Tableau membuat kami dapat menghubungkan berbagai informasi dari bagian-bagian yang terpenting dari perjalanan pelanggan kami dengan menggunakan machine learning dan AI, mengidentifikasi perubahan dalam pola belanja, dan meningkatkan level kolaborasi di seluruh departemen di Tokopedia."

Pada awal tahun ini, Tableau memperkenalkan Business Science, satu kelas analitik baru berbasis AI yang memungkinkan para pengguna bisnis dan analis menemukan solusi bagi berbagai permasalahan data mereka - semuanya tanpa perlu mempelajari tool data science tradisional.

Para peserta Tableau Live Asia Pacific juga bisa menyaksikan langsung bagaimana Business Science bekerja selama sesi 'What's New in Tableau' dan 'Data Skills for All'.

Tableau telah merilis Business Science melalui Tableau 2021.1 update, integrasi produk perdana antara Tableau dan Salesforce Einstein Analytics, yang menghadirkan inti teknologi AI dari Einstein Discovery ke setiap pengguna Tableau.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas