Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Legislator PKS Desak Pemerintah Percepat Digitalisasi UMKM

Pemerintah didesak segera memperkuat dan mempercepat pembentukan ekosistem digital untuk membantu pengembangan pelaku UMKM.

Legislator PKS Desak Pemerintah Percepat Digitalisasi UMKM
WARTAKOTA/Angga Bhagya Nugraha
Pengrajin tengah memproduksi kue kering di Sentra Kue Kering kawasan Kwitang, Jakarta Pusat, Jumat (23/4/2021). Pelaku umkm ini sangat terdampak pandemi Covid 19. Produksinya hanya mampu 10-15 kilogram dibandingkan tahun-tahun sebelum pandemi yaitu 50-70 kilogram. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKS Amin Ak mendesak pemerintah memperkuat dan mempercepat pembentukan ekosistem digital untuk membantu pengembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Fenomena mergernya platform digital raksasa seperti Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo, membuat digitalisasi UMKM menjadi mendesak dan memerlukan langkas taktis strategis.

"Pemerintah tidak bisa mengandalkan cara-cara biasa untuk mempercepat ekosistem digital UMKM, perlu program cepat, taktis dan terukur agar mereka tidak tergilas pebisnis raksasa yang menguasai pasar e-commerce," kata Amin kepada wartawan, Senin (24/5/2021).

Baca juga: Fokus Jualan Online, UMKM Hiasan Dinding Asal Malang Sukses Ekspor ke Pasar Global

Lebih lanjut Amin mengatakan, Indonesia perlu belajar dari fenomena merger raksasa digital di berbagai negara maju, yang pada akhirnya mengorbankan pelaku usaha kecil dan menengah.

Dia mencontohkan hegemoni Google, Amazon, Facebook, dan Apple di Amerika Serikat atau Alibaba, Tencent, Baidu, ByteDance, dan JD di China.

Faktanya, raksasa digital di kedua negara tersebut, lanjut Amin, menjadi predator bagi pelaku UMKM.

Modus yang diterapkan para raksasa tersebut antara lain, mencaplok UMKM, mengintegrasikannya ke dalam platform mereka, atau usaha sejenis untuk mematikan UMKM.

Baca juga: Buktikan Keberpihakan pada UMKM Lokal, Shopee Batasi Penjual Asing

Wakil Rakyat dari Dapil Jatim IV tersebut mendesak pemerintah memastikan konsolidasi GoTo dapat menciptakan efisiensi dalam penyediaan layanan kepada UMKM.

Integrasi kedua perusahaan tersebut, bisa menguntungkan pelaku usaha kecil dan mempercepat proses digitalisasi UMKM sehingga terjadi perluasan pasar bagi pelaku usaha UMKM.

"Pandemi Covid-19 telah menjadi mimpi buruk bagi UMKM, jangan biarkan mereka kembali bermimpi buruk akibat gurita digital yang mematikan bisnis mereka," ujar Amin.

Halaman
12
Penulis: chaerul umam
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas