Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Wapres: Kolaborasi Kunci Keberhasilan Percepatan Pengembangan Eskosistem Syariah

ekonomi dan keuangan syariah memiliki potensi dan peluang yang sangat besar untuk berkontribusi secara riil. 

Wapres: Kolaborasi Kunci Keberhasilan Percepatan Pengembangan Eskosistem Syariah
Istimewa
Wakil Wakil Presiden Maruf Amin dalam webinar series Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) Seri 2. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di tengah perjuangan bangsa Indonesia dalam memulihkan perekonomian nasional akibat pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), ekonomi dan keuangan syariah memiliki potensi dan peluang yang sangat besar untuk berkontribusi secara riil. 

Namun, agar kontribusi ini dapat memberikan hasil maksimal, harus dilakukan pengembangan ekosistem syariah dan implementasi secara berjamaah melalui ta’awun atau gotong-royong. 

Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antar seluruh pihak terkait yang menggeluti bidang-bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada acara Silaturahim Wakil Presiden Republik Indonesia bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Jumat (4/6/2021).

“Kunci utama agar upaya percepatan pengembangan ekosistem ekonomi syariah ini berhasil, terletak pada sinergi dan kolaborasi terpadu antarlembaga maupun organisasi masyarakat yang menggeluti ekonomi dan keuangan syariah,” tutur Wapres) Ma’ruf Amin.

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan, bahwa MES sebagai lokomotif penggerak pembangunan ekosistem syariah yang unggul dan berkelanjutan, dituntut untuk membuka peluang dan membangun sinergi antar pemangku kepentingan di bidang syariah.

Sehingga, tujuan untuk memeratakan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

“Sebagai organisasi yang terbuka lebar bagi partisipasi masyarakat, MES harus mampu membangun sinergi antara pelaku usaha besar dan pelaku usaha mikro dan kecil. Kemitraan antarpengusaha harus terus didorong, sehingga tujuan pemerataan kesejahteraan masyarakat sesuai prinsip-prinsip syariah akan benar-benar terwujud,” ungkap Wapres.

Oleh karena itu, Wapres mengapresiasi kemitraan yang dibangun oleh MES dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Pertamina (Persero) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai bentuk konkret implementasi pengembangan ekosistem syariah untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Dukung Ekonomi Syariah, Pegadaian-IPEMI Kerja Sama Kembangkan Keagenan

“Hari ini kita menyaksikan bukti sebuah kemitraan dibangun, yaitu sinergi dan kolaborasi untuk menggerakkan pesantren sebagai salah satu pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat secara konkret. Kehadiran Pertashop menjadi bentuk dukungan Pertamina bagi pelaku usaha dan UMKM di Indonesia, sedangkan Bank Syariah Indonesia dapat berkontribusi di dalam akses pembiayaan usahanya,” urai Wapres.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas