Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pebisnis yang Terjun di Platform Digital Perlu Libatkan Web Developer dan Konten yang Menarik

Pelaku bisnis yang baru terjun di platform digital juga bisa meminta arahan kepada digital consultant terkait strategi pemasaran yang tepat.

Pebisnis yang Terjun di Platform Digital Perlu Libatkan Web Developer dan Konten yang Menarik
Istimewa
Patrick Rimba menyebut era teknologi digital membuat banyak pebisnis maupun pelaku UMKM terjun ke platform digital seperti marketplace. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA - Era teknologi digital membuat banyak pebisnis termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terjun ke bisnis online. Berbisnis di platform digital membutuhkan peran digital consultant untuk membantu tumbuh kembang brand-brand lokal agar naik kelas.

Praktisi digital Patrick Rimba mengatakan, seorang konsultan digital mengetahui segala jenis dan bentuk tren yang sedang ramai. "Wawasannya yang luas tersebut dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis yang baru mengenal media sosial atau platform e-commerce," katanya, Kamis (10/6/2021).

Disebutkan, pemahaman seperti web developer, desain grafis, konten yang menarik, yang dimiliki oleh konsultan digital akan memberikan dampak besar pada suatu perusahaan terutama UMKM baru.

Pelaku bisnis yang baru terjun di platform digital juga bisa meminta arahan kepada digital consultant terkait strategi pemasaran yang tepat.

"Digital consultant juga bisa mempertemukan UMKM dengan para kliennya yang lain. Hal ini memungkinkan pelaku bisnis mendapatkan relasi atau network baru untuk mengembangkan usahanya," ujarnya.

Baca juga: Negara-negara G7 Kompak Akan Pajaki Google, Apple dan Amazon

Konsultan digital juga menjadi jembatan untuk para pelaku bisnis dalam memanfaatkan teknologi digital.

“Produk-produk dalam negeri saat ini kualitasnya bisa lebih bagus, seperti KYT Helmet yang menjadi sponsor MotoGp dan Enduro Race, Lea Jeans buatan Tangerang, serta Tomkins hasil produksi di Gedebage,” kata Patrick.

Baca juga: Kini Konten Kreator dan Influencer Bisa Dapat Penghasilan Tambahan dari Instagram dan Facebook

Dia menilai, cukup banyak brand lokal yang melakukan hard selling atau terlalu fokus untuk berjualan. Padahal, dalam digital marketing ada yang disebut sebagai content pillar, yaitu pondasi dari sebuah strategi konten.

"Tipe-tipe content pillar ini tidak hanya hard selling seperti brand awareness, tetapi ada juga content engagement yang membuat audience untuk berinteraksi, content lifestyle yang dapat menambahkan value lain dari brand, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas