Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tidak Cukup Go Digital Pelaku Bisnis Harus Jadi Bagian dari Digital

Kehadiran e-commerce dianggap sebagai salah satu kanal dagang utama bagi UMKM, dengan cakupan penjualan yang luas hingga internasional.

Tidak Cukup Go Digital Pelaku Bisnis Harus Jadi Bagian dari Digital
IST
CEO Baba Rafi Group, Hendy Setiono 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai salah satu pilar utama dalam perkembangan perekonomian negara, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mampu membuktikan ketahanannya ketika terjadi krisis ekonomi.

Dalam mendukung ketahanan ini, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid, mengungkapkan bahwa pengembangan kewirausahaan dan kompetensi sangat diperlukan.

Kini, kehadiran e-commerce dianggap sebagai salah satu kanal dagang utama bagi UMKM, dengan cakupan penjualan yang luas hingga internasional dan target pasar yang lebih spesifik.

Survei oleh DSInnovate melaporkan adanya penggunaan platform e-commerce yang mencapai 49 persen sebagai sarana berjualan online.

Hendy Setiono, Founder dan CEO Baba Rafi Enterprise mengatakan, pandemi yang membatasi aktivitas masyarakat memaksa para pengusaha untuk semakin menerapkan digitalisasi.

"Di era pandemi, tidak cukup go digital. Pelaku bisnis sepatutnya benar-benar menjadi bagian dari digital itu sendiri, atau be digital," jelas Hendy dalam keterangannya, Kamis (10/6/2021).

Namun di sisi lain, para pelaku UMKM masih dihadapkan dengan beberapa tantangan, di antaranya yakni dalam hal edukasi, yang mana penjual harus memahami fitur-fitur online baru untuk bisa menggunakannya secara tepat.

Kedua, dari sisi operasional, yaitu fasilitas yang sesuai untuk produksi dan penyimpanan barang dalam ukuran yang lebih besar agar dapat menjaga kualitas produk.

Baca juga: Sasar Pelaku UMKM, Asuransi BRI Life Luncurkan Produk Double Care

Ketiga adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas