Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Perlu Terobosan Baru untuk Mempercepat Kebangkitan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sandiaga menyebut di tengah pandemi Indonesia terpukul dua juta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang kehilangan mata pencarian.

Perlu Terobosan Baru untuk Mempercepat Kebangkitan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
dok. Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara weekly press briefing, yang berlangsung secara hybrid, dari Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (2/6/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Karya inovasi dan kreativitas anak bangsa dengan kualitas internasional merupakan salah satu kekuatan perekonomian Indonesia.

Untuk mendapatkan hasil tersebut diperlukan pula pendidikan yang mumpuni, yang beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan dunia, yang mampu menciptakan generasi muda yang kreatif, inovatif, cerdas teknologi dan akademik, serta handal, karena hal ini merupakan komponen investasi yang menentukan masa depan generasi penerus bangsa.

Saat ini pula, industri kreatif juga semakin diramaikan dengan karya–karya brilian anak bangsa yang digelar melalui beragam kegiatan kolaborasi bisnis kreatif yang kekinian.

Pembatasan aktivitas selama pandemi justru menciptakan beragam kreativitas yang bermanfaat, terlebih lagi dengan keseharian mereka yang terus terkoneksi dengan internet, yang secara pintar akan dapat mengolah informasi menjadi sebuah kreativitas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, di tahun 2021 ini, Rp 549 triliun anggaran atau 20 persen anggaran APBN dialokasikan oleh Pemerintah Indonesia kepada sektor pendidikan yang menunjukan pendidikan menjadi prioritas pembangunan bangsa.

"Kualitas SDM tentunya kunci agar kita dapat bersaing di mata dunia, dan untuk meningkatkan kualitas SDM salah satunya dilakukan dengan memberikan akses untuk mengenyam pendidikan yang tuntas dan berkualitas."

"Pendidikan merupakan investasi, pendidikan bukan cost, pendidikan merupakan juga prestasi, investasi individu, masyarakat juga bagi bangsa dan negara, karena buah dari pendidikan akan sangat bermanfaat bagi kemajuan suatu bangsa 20 sampai 50 tahun kedepan," kata Sandiaga saat pembukaan pameran bertema Creativity in a Hearbeat yang diadakan UniSadhuGuna International College (UIC) belum lama ini.

Baca juga: Genjot Pemulihan Pariwisata, Sandiaga Uno Persiapkan Terobosan Paket Wisata Vaksin

Ia menyebut individu yang banyak berlatih dan belajar akan memiliki peluang yang lebih besar baik dalam dunia pekerjaan maupun tumbuh sebagai entrepreneur– entrepreneur, pengusaha–pengusaha yang handal dan berperan besar dalam proses penciptaan lapangan kerja.

Terkait dengan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga menyebut di tengah pandemi Indonesia terpukul dua juta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang kehilangan mata pencarian.

Halaman
1234
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas