Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kementerian ESDM Targetkan Fasilitas SPKLU Capai 25 Ribu pada Tahun 2030

SPKLU pemerintah menyediakan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik khususnya motor di beberapa titik contohnya di Kementerian ESDM

Kementerian ESDM Targetkan Fasilitas SPKLU Capai 25 Ribu pada Tahun 2030
ist
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dalam konferensi pers IEECCE 2021, Senin (14/6/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 2030 dapat mencapai 25 ribu unit.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, saat ini SPKLU yang tersedia khususnya di wilayah Jakarta baru 190 unit.

Ia juga menjelaskan, selain SPKLU pemerintah juga menyediakan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik khususnya motor yang sudah ada di beberapa titik contohnya di Kementerian ESDM.

"Untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik ini, kami menargetkan pada 2030 ada 25 ribu SPKLU di beberapa wilayah di Indonesia," ucap Dadan dalam konferensi pers IEECCE 2021, Senin (14/6/2021).

Selain itu pada 2030 juga, Dadan mengungkapkan, pihaknya menargetkan penggunaan mobil listrik di Indonesia bisa mencapai dua juta unit.

Baca juga: Komisi VII DPR dan Menteri ESDM Sepakati Asumsi Dasar Makro Sektor Energi

"Kemudian untuk penggunaan sepeda motor listrik di 2030, kami menargetkan hingga 16 juta unit dan ini target untuk 10 tahun ke depan," ucap Dadan.

Dadan juga menjelaskan, penggunaan kendaraan listrik ini tentunya nanti dapat mengurangi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Meski tidak dapat menghilangkan penggunaan BBM untuk transportasi, setidaknya dapat mengurangi penggunaannya dan beralih ke energi yang lebih efisien," ucap Dadan.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas