Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Shifting dari Kendaraan Pribadi ke Angkutan Umum Dapat Jadi Solusi Efisiensi Penggunaan BBM

Salah satu cara agar penggunaan BBM menjadi efisien yaitu mendorong masyarakat mulai menggunakan angkutan massal.

Shifting dari Kendaraan Pribadi ke Angkutan Umum Dapat Jadi Solusi Efisiensi Penggunaan BBM
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan efisiensi terhadap penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Sigit Irfansyah mengatakan, salah satu cara agar penggunaan BBM menjadi efisien yaitu mendorong masyarakat mulai menggunakan angkutan massal.

"Penggunaan transportasi massal ini dapat membuat penggunaan BBM menjadi lebih efisien, karena kendaraan pribadi berkurang nantinya," ucap Sigit dalam konferensi pers IEECCE 2021, Senin (14/6/2021),

Baca juga: Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG di Wilayah Jawa Tengah dan DIY Aman

Menurutnya, perlu adanya dorongan untuk membuat masyarakat melakukan shifting dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum dengan menyediakan angkutan massal yang layak.

"Kemenhub sendiri telah melakukan upaya agar masyarakat mau melakukan shifting dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum, dengan menghadirkan angkutan massal di beberapa kota yang disubsidi sehingga biayanya terjangkau," ucap Sigit.

Baca juga: Konsumsi Pertamax Cs Naik, Masyarakat Makin Akrab dengan BBM Ramah Lingkungan

Ia juga mengungkapkan, dalam mendorong efisiensi penggunaan BBM dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan yaitu mobil atau sepeda motor berbasis listrik.

"Kendaraan listrik ini ramah lingkungan, dan dapat membuat penggunaan BBM menjadi lebih efisien. Kami telah memulai menggunakan kendaraan listrik untuk operasional, dan ini upaya yang kami lakukan," ucap Sigit.

Melakukan Efisiensi penggunaan BBM ini, lanjut Sigit, tentunya harus bertahan mulai dari fasilitas penunjang untuk masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas