Tribun Bisnis

Harga Rumah Sedang Turun, Dua Daerah Ini Disebut Bakal Berkembang

ada dua area yang berprospek berkembang pesat yaitu Cisauk dan Curug, Tangerang, karena telah diapit kawasan yang sudah mapan.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Harga Rumah Sedang Turun, Dua Daerah Ini Disebut Bakal Berkembang
ist
Pedestrian Stasiun Cisauk Point 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harga rumah pada saat ini disebut mengalami penurunan, seiring kenaikan suplai properti secara nasional.

Hal tersebut tercermin dari data Rumah.com Indonesia Property Market pada kuartal II 2021.

"Data tersebut hasil analisis dari 600 ribu listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan, serta diakses lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya," ujar Country Manager Rumah.com Marine Novita dalam keterangannya, Kamis (17/6/2021).

Baca juga: Ini Tips & Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Properti Rumah agar Aman

Menurutnya, adanya penurunan indeks harga dan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di sektor properti menjadi 0 persen, sebagai kesempatan konsumen mencari hunian yang diincarnya.

Marine menyebut, ada dua area yang berprospek berkembang pesat yaitu Cisauk dan Curug, Tangerang, karena telah diapit kawasan yang sudah mapan.

"Cisauk diapit Kecamatan Pagedangan dan Kecamatan Serpong, dimana di area tersebut terdapat kawasan kota mandiri BSD City," kata Marine.

Menurutnya, harga properti di Cisauk pada kuartal I 2021 berada pada kisaran Rp7 juta per meter persegi, 59 persen lebih rendah dibandingkan rata-rata dua wilayah yang mengapitnya, yakni Pagedangan dan Serpong.

Baca juga: Dapat Dana Obligasi Rp 500 Miliar, Adhi Commuter Properti Kebut Sejumlah Proyek

"Harga properti di Cisauk saat ini sedang turun karena dampak pandemi sehingga ini menjadi peluang untuk mendapatkan hunian di lokasi terbaik dengan harga terbaik," paparnya.

Sementara daerah Curug, kata Marine, karena bersebelahan dengan Kecamatan Kelapa Dua, dan terdapat kawasan kota mandiri telah mapan seperti Gading Serpong maupun Lippo Karawaci.

"Harga properti di Curug saat ini masih 32 persen lebih rendah dibandingkan Kelapa Dua, yang letaknya berbatasan dengan Curug," paparnya.

"Kami yakin, saat pandemi usai nanti, pengembang dan investor akan kembali melirik Cisauk karena letaknya yang strategis. Apalagi dengan adanya rencana jangka panjang pengembangan jalur MRT hingga ke arah Tangerang Selatan, serta rencana pembangunan jalur tol Serpong-Balaraja yang melintasi kawasan Pagedangan," sambung Marine.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas