Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Lima Provinsi Berpartisipasi di Pameran Dagang International Pacific Exposition

Pemerintah Indonesia kembali akan menyelenggarakan 2nd Pacific Exposition (PE 2) pada 27-30 Oktober 2021 dengan tema “It’s Pacific Time”. 

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Lima Provinsi Berpartisipasi di Pameran Dagang International Pacific Exposition
KBRI Wellington
Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia kembali akan menyelenggarakan 2nd Pacific Exposition (PE 2) pada 27-30 Oktober 2021 dengan tema “It’s Pacific Time”. 

Lima provinsi dari Timur Indonesia akan berpartisipasi aktif sebagai wakil dari Indonesia bersama-sama dengan 19 negara Pasifik lain untuk melakukan promosi pariwisata dan perdagangan.

Sebelumnya, Indonesia sukses dengan pameran 1st Pacific Exposition (PE 1) di Auckland, Selandia Baru, pada tanggal 11-14 Juli 2019.

Duta Besar RI untuk Selandia Baru dan wilayah Pacific Tantowi Yahya mengatakan penyelenggaraan PE 2 dilakukan secara virtual berkaitan dengan kondisi pandemi Covid-19.

"Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Indonesia kembali akan melakukan gebrakan diplomasi ekonomi dengan penyelenggaraan 2nd Pacific Exposition secara virtual," kata Dubes Tantowi pada konferensi pers virtual, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Singapura Kini Jadi Tempat Terbaik untuk Ditinggali selama Pandemi Covid-19, Kalahkan Selandia Baru

Pacific Exposition merupakan pameran dagang, investasi dan pariwisata yang secara komprehensif mempertemukan pelaku bisnis dari seluruh negara di kawasan Pasifik termasuk Indonesia, Australia dan Selandia Baru. 

Baca juga: Dubes Tantowi: Meski Pandemi Neraca Perdagangan Meningkat dengan Selandia Baru

BERITA TERKAIT

Duta Besar Tantowi mengungkapkan alasan pentingnya penyelenggaraan PE 2 disaat dunia tengah dilanda pandemi global.

Ia mengatakan, kawasan pasifik kini telah menjadi kawasan yang sangat penting dan strategis. Bahkan kawasan ini merupakan salah satu kawasan penting bagi negara super power dunia belakangan ini.

Setelah dunia dilanda pandemi COVID-19 selama lebih dari 18 bulan, kegiatan ini akan memberikan angin segar bagi pemulihan perekonomian di kawasan Pasifik yang kebanyakan roda ekonominya bergantung dari pariwisata. 

Termasuk dalam rangka pemulihan ekonomi dan pariwisata di Indonesia, sekaligus memberikan atensi keberadaan Indonesia di tengah negara-negara pasifik.

"Pasific Expo adalah inisiatif Indonesia yang didukung oleh pemerintah Selandia Baru dan Australia yang disebut big brothers oleh negara pasifik ini," ujarnya.

Pada PE 2, sekiranya 5 Provinsi Timur Indonesia yang akan berpartisipasi aktif sebagai wakil dari Indonesia bersama-sama dengan 19 negara Pasifik lain untuk melakukan promosi pariwisata dan perdagangan.

Diantaranya Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan  Nusa Tenggara Timur.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas