Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bukan Mimpi! Ini 5 Langkah Awal Agar UMKM Bisa Ekspor Produk ke Luar Negeri

Pastikan marketplace memiliki eksposur dan sudah bisa mencakup pasar luar negeri, khususnya negara yang akan menjadi sasaran produk milikmu.

Bukan Mimpi! Ini 5 Langkah Awal Agar UMKM Bisa Ekspor Produk ke Luar Negeri
Shutterstock
Ilustrasi pengemasan barang untuk diekspor. 

TRIBUNNEWS.COM - Menjual produk dagangan ke pasar luar negeri tentu jadi impian setiap UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Meski terkadang, untuk bisa menjual produknya ke pasar luar negeri seringkali para pelaku UMKM dihadapkan dengan banyak tantangan.

Produk yang kurang inovatif, kurang modal, dan kualitas produk yang belum memenuhi standar internasional adalah segelintir tantangan yang harus dihadapi.

Selain itu, kerap kali kurangnya pengetahuan mengenai peluang ekspor UMKM juga bisa menjadi penghambat UMKM. Padahal, kini telah ada marketplace yang menawarkan kesempatan untuk mendukung impian UMKM untuk ekspor.

Namun, tak perlu khawatir! Dengan usaha keras, kamu bisa kok ekspor produk lokal ke luar negeri!

Berikut ini adalah 5 modal awal yang bisa kamu lakukan untuk naik kelas dan ekspor barang!

Memiliki produk yang unik dan berkualitas baik

Produk dagangan milikmu sebaiknya memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh produk lain. Kamu harus menonjolkan keunikan dari produk yang kamu tawarkan baik dari segi fungsi maupun desainnya.

Keunikan produk pasti dapat lebih menggelitik pasar. Biarkan konsumen merasa perlu memiliki barang itu karena berbeda dengan produk lainnya.

Keunikan bisa diciptakan dengan mengadopsi ciri khas budaya lokal, namun dengan sajian kekinian dan modern. Hal ini dapat membuat perbedaan yang mencolok ketimbang produk dari negara lain.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas